180 Calon PPK Resmi Ikuti Tes Tertulis

0

HALBAR, Rakyatkini.Com- Sebanyak 180 calon anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Untuk pemilihan Bupati dan wakil bupati Kabupaten Halmahera Barat (Halbar), mengikuti tahapan tes tertulis yang digelar oleh Komisi Pemiliham Umum (KPU) Kabupaten Halbar yang dipusatkan di Sekolah Dasar (SD) Inpres 2 Halbar 30/1/20.

Ketua KPU Halbar Miftahudin Yusup, mengatakan bahwa Calon anggota PPK yang mengikuti tahapan tes tertulis adalah peserta yang dinyatakan lolos pada tahapan administrasi.

“Dari 185 peserta yang dinyatakan lolos seleksi adminstrasi, yang mengikuti seleksi tertulis hanya 180 peserta sedangkan 5 peserta tidak mengikuti dan dinyatakan gugur secara otomatis”

Mantan anggota Panwas Kabupaten ini, berharap hasil perekrutan calon PPK yang nantinya diumumkan pada tanggal 3 Februari 2020 mendatang, bisa menghasilkan calon PPK yang berintegritas dan bisa memahami tentang kepemiluan dalam pemilihan kepala daerah di Kabupaten Halmahera Barat.

“Saya yakin dan percaya bahwa nanti hasilnya diumumkan untuk 10 orang dimasing- masing Kecematan maka tentunya, sudah dilakukan melalui tahapan yang cukup subjektif dan itu sudah sesuai dengan norma yang berlaku.”terangnya

Disinggung soal rekomendasi Bawaslu terkait dengan tiga calon PPK yang terlibat dalam partai politik. Ia mengaku, tetap konsisten menunggu rekomendasi resmi yang disampaikan langsung oleh bawaslu disertai bukti bukti yang kongkrit.

“Dan kalau itu terbukti yang bersangkutan terlibat dalam partai politik, maka secara otomatis yang bersangkutan tidak bisa diakomodir dalam PPK.”tegasnya

Dengan begitu, Mifta meminta kepada bawaslu untuk segera mungkin memberikan rekomendasi secara resmi ke KPU untuk di tindaklanjuti. Sebab menurutnya, itu sudah merupakan kewajiban KPU.

KPU juga sudah membuka uji publik sejak tanggal 15 Januari 2020 kemarin. Hal itu dilakukan untuk menampung setiap masukan yang nantinya disampaikan masyarakat dalam memberikan penilaian terhadap calon PPK.

“Yang jelas setiap masyarakat menyampaikan tanggapan atau masukan harus disertai dengan identitas yang lengkap dan identitas itu tetap kami rasiakan didalam.”tutupnya

Peserta yang mengikuti ter tertulis.
Sementara itu, Komsioner Devisi Hukum dan Pengawasan KPU Provinsi Malut, Mohtar Alting, yang juga kordinator wilayah Halbar-Halut berharap, dalam proses seleksi calon PPK sejak dari awal hingga saat ini bakal mendapatkan profil penyelenggara pemilihan terutama PPK yang memeliki integritas tinggi dan punya kapasitas yaitu pengetahuan tentang KPU baik itu, regulasi pemilihan juga pengetahuan tentang demokrasi dan juga pengetahuan tentang tugas wewenang dan kewajiban sebagai anggota PPK dan memahami tugas tugas teknis

Setelah tahapan seleksi tertulis yang dinyatakan selesai pada pukul 5:00 WIT. Pimpinan serta staf KPU kemudian memusnahkan semua soal tes tertulis tersebut dengan membakar yang disaksikan langsung oleh Komsioner Bawaslu dan seluruh peserta calon PPK. (man)

Leave A Reply

Your email address will not be published.