20 Anggota DPRD Morotai Resmi Dilantik

0

MOROTAI, Rakyatkini.com – Sebanyak 20 Anggota DPRD Kabupaten Pulau Morotai periode 2019-2024 resmi dilantik, pelantikan puluhan anggota DPRD yang berlangsung di aula kantor DPRD, Senin (4/11/2019) berdasarkan Surat Keputusan (SK) Gubernur nomor 476/KPTS/MU/2019 Tentang Peresmian Pemberhentian Dan Pengangkatan Anggota DPRD Kabupaten Pulau Morotai Masa Bakti 2019-2024. Pengambilan sumpah/janji dipimpin Ketua Pengadilan Negeri (PN) Tobelo, Marta Maitimu.

Bupati Pulau Morotai, Benny Laos dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada 20 anggota DPRD yang telah selesai mengucapkan sumpah janji jabatan dihadapan pemerintah dan masyarakat yang hadir dalam acara tersebut.

“Ini merupakan suatu kepercayaan sekaligus sebagai amanah yang diberikan oleh seluruh rakyat kepada saudara-saudara dengan harapan agar dapat menjalankan tugas dan fungsinya secara baik dan dapat memenuhi kepentingan seluruh rakyat Kabupaten Pulau Morotai,” ucap Benny.

Bupati berharap, kehadiran wajah-wajah baru dengan beragam latar belakang profesi tidak mengurangi fungsi legislatif. Yang terpenting, kata dia, bahwa setiap anggota DPRD dituntut untuk mengetahui, memahami, dan mampu menjalankan tugas dan fungsinya sebagai wakil rakyat di Parlemen.

“Setiap anggota DPRD diharapkan mampu menggagas, mengawal pembangunan daerah dan melakukan pengawasan dengan satu tekad, membangun untuk kesejahteraan rakyat. Dengan demikian, pelaksanaan fungsi-fungsi beserta hak, tugas dan wewenang DPRD secara efektif hanya mungkin dilakukan dengan dukungan para anggota yang professional, tidak cukup hanya berbekal pengalaman di bidang sosial kemasyarakatan dan politik praktis, melainkan juga harus memiliki pengetahuan dan keterampilan yang berkaitan dengan substansi bidang tugas DPRD yang menjadi tanggungjawabnya,” tukasnya.

Sementaea Ketua DPRD Pulau Morotai, Rusmanto Pawane mengungkapkan saat ini anggota DPRD diperhadapkan dengan kritik masyarakat.

“Kita telah di kritik oleh masyarakat Pulau Morotai namun hal itu kita jadikan sebagai kritik untuk membgaung pulau morotai yang kita cintai ini. Kita sebagai keterwakilan rakyat sudah seharunsya membuat teropbosan yang dimana masyarakat dan kita ingin kan berasama. Kami juga mengininginkan masyarakat mari kita mengawal kebijakan pemerintah daerah untuk kemajuan pulau morotai,” ucap Rusminto dalam sambutan singkatnya.

Berikut 20 nama anggota DPRD Pulau Morotai terpilih periode 2019-2024 sesuai dapil dan perolehan suara yang diraih dalam pemilihan legislatif 17 April 2019 kemarin.

Dapil I Kecamatan Morotai Selatan, Zainal Karim dari Partai Demokrat dengan jumlah suara 2.109, Rusminto Pawane dari Partai Nasdem dengan jumlah suara 1.977, Rasmin Fabanyo dari PKS dengan jumlah suara 1.579, Fahri R Hairudin dari Partai Golkar dengan jumlah suara 1.576, Judi R Dadna dari PDI-P dengan jumlah suara 1.314, Irwan Soleman dari Partai Gerindra dengan jumlah suara 1.214 suara, Suaib Hi Kamel dari PKB dengan jumlah suara 1.201.

Untuk Dapil Il Kecamatan Morselbar dan Morja, Ruslan Ahmad dari Partai Gerindra dengan jumlah suara 1.627, Sherly Djaena dari Partai Nasdem dengan jumlah suara 1.546, Mahmud Kiat dari Partai Golkar dengan jumlah suara 1.374, Asmawati Mamurang dari Partai Demokrat dengan jumlah suara 1.276, Ricard Samatara dari PDIP dengan jumlah suara 1.154, Bahrudin Burhan dari PKS dengan jumlah suara 1.024, Wilson Julis dari PKPI dengan jumlah suara 1.005.

Sementara Dapil Ill Kecamatan Mortim dan Morut, Hean Rakomole dari PDIP dengan jumlah suara 2.259, Suhari Lohor dari PKS dengan jumlah suara 1.523, Fadli Djaguna dari PAN dengan jumlah suara 1.519, Deny Garuda dari Partai Nesdem dengan jumlah suara 1.441, Edi Everson Hape dari Partai Golkar dengan jumlah suara 1.229, Basri Rahaguna dari Partai Hanura dengan jumlah suara 1.204.

Perlu diketahui dari 10 partai pemenang pemilu di Morotai, Partai Nasdem, PDI-P, dan Golkar berhasil meraih suara terbanyak dan akan menduduki jabatan pimpinan DPRD Kabupaten Pulau Morotai masa bakti 2019-2024.

Berikut perolehan suara dari tiga partai tersebut. Partai Nasdem meraih suara terbanyak dengan jumlah 4.964 suara, terbanyak kedua PDIP dengan jumlah 4.727 suara, dan posisi ketiga diraih Parai Golkar dengan jumlah 4.359 suara. Sementara PKS yang pada periode 2009-2014 berhasil menduduki jabatan Wakil Ketua karena berhasil meraih suara terbanyak ke dua, kini turun di peringkat ke empat dengan jumlah 4.126 suara. (gk)

Leave A Reply

Your email address will not be published.