2020, DPPKB Halbar Fokus Program Pembinaan Kampung KB

0

HALBAR, Rakyatkini.com- Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana(DPPKB) Halbar di tahun ini,memprioritaskan melakukan pembinaan bagi Desa-desa yang telah ditetapkan sebagai kampung KB, yang tersebar disetiap Kecamatan.

Kadis DPPKB Leny Giwe kepada wartawan diruang kerjanya Rabu(21/1) mengatakan, pembinaan kampung KB yang menjadi skala prioritas itu,sambil menunggu penetapan desa kampung KB melalui Kementrian Desa.

“Untuk pencanangan kampung KB khsusus untuk halbar itu ditahun 2018 kemarin,dan ditahun ini belum ada pencanangan,”terangnya.

Pencanangan kampung KB melalui pusat,selain bertujuan mengurangi resiko kematian kehamilan ibu dan anak,serta menjaga jarak kehamilan, pencanangan kampung KB dalam pelaksanaanya juga terkoneksi dengan setiap pelaksanaan program setiap SKPD.

Salah satu persyaratan penetapan pencanangan kampung KB misalnya perumahan kumuh,sehingga tentunya menjadi tanggung jawab Dinas Pemukiman Perumahan,hingga saran air bersih.

“Jadi ini tentunya juga diharapkan menjadi salah satu skala priototas desa melalui dana desa,”sambungnya.

Ditambahkan,antusias masyarakat di halbar khususnya kaum wanita terkait program keluarga berencana cukup tinggi.Ini tentunya tidak terlepas dari peran pemerintah dalam pencanangan kampung KB.

“Kalau untuk wanita kebanyakan menggunakan KB implan.Sedangkan pria juga ada,hanya saja untuk wilayah halbar khsusunya penggunaan KB dengan sisitem operasi masih minim peminat,”lanjutnya (man)

Leave A Reply

Your email address will not be published.