A. Robi Syahrir : PB HMI Apresiasi Tim Pol Air Polda Banten

Jakarta | Kabardaerah.com — PB HMI mengapresiasi tim dari Polda Banten dibawah kepemimpinan Brigjen Listyo Sigit Prabowo, yang cepat dan tanggap memgambil tidakan untuk meminimalisir potensi dampak kebocoran pipa gas di perairan Banten. Dengan mengerahkan kapal patroli dan memastikan kebocoran tidak berlangsung terlalu lama.

Pada prinsipnya bidang lingkungan hidup PB HMI sangat menyayangkan kejadian ini, karena mengingat materi yang ditumpahkan adalah materi yang tergolong pada B3(Bahan Beracun dan Berbahaya) yang secara akumulatif sangat berbahaya bagi biota laut disekitarnya. Jika kita berangkat pada proses produksi yang sesuai dengan prosedur sebagaimana tertuang dalam klausul ISO 14001 (Sistem Manajemen Lingkungan) seharusnya hal tersebut tidak perlu terjadi,” ujar Ketua Bidang Lingkungan Hidup PB HMI, A. Robi Syahrir kepada media ini, Rabu, (11/07).

Lanjutnya, PB HMI meminta kepada pihak berwenang untuk melakukan investigasi secara mendalam dan menyeluruh terkait penyebab kebocoran pipa tersebut, karena diindikasikan ada kelalaian dari pihak perusahaan, sehingga hal tersebut bisa terjadi dan jika terbukti adanya kelalaian bahwa ini merupakan tindakan pidana,” tegasnya.

Dikatakan lagi, Bidang lingkungan hidup PB HMI sedang mengupayakan berkoordinasi dengan pihak terkait untuk mengetahui hasil uji sampel air disekitar tempat kejadian apakah tergolong tercemar berat atau seperti apa, semoga saja dampak cemarannya masih tegolong rendah dan tidak membahayakan,” katanya mengakhiri. (***)

Comments are closed.