Awal Tahun 2020 di Halbar Belum ditemukan Gizi Buruk

0

HALBAR, Rakyatkini.com- Pemerintah kabupaten (pemkab) halmahera barat (halbar) seriusi dalam menangani kasus gizi buruk di halbar dengan menargetkan tahun 2020 halbar bebas kasus gizi buruk. Hal ini di sampaikan oleh kepala dinas kesehatan Kabupaten Halmahera Barat Rosfientje Kalengit pada saat ditemui media, kamis (30/01).

Fien sapaan akrab kadinkes halbar menjelaskan di tahun 2019 terdapat 7 balita yang menderita gizi buruk, namun hal ini telah ditangani pemkab halbar secara tuntas.

” yang di opinikan tentang gizi buruk itu kasus tahun 2019, tahun 2019 di temukan 7 kasus dan dari 7 tersebut 3 di antaranya masih dalam tahapan pemulihan dikarenakan terdapat penyakit penyerta yang harus di sembuhkan terlebih dahulu baru bisa dilihat pertembuhan berat badan dari 3 balita tersebut. Sisanya sudah membaik dan telah dipulangkan ke rumah masing-masing.” Jelas Fien.

Fein juga menambahkan mengacu pada tahun sebelumnya kasus gizi buruk yang ada di halbar pada angka yang sangat minim sehingga ini menjadi tolak ukur bersihnya gizi buruk di tahun 2020.

“Saya berharap penderita gizi buruk di Halbar bersih di 2020 dan di tahun-tahun akan datang. Pemkab halbar juga pada posisi sedia payung sebelum hujan dimana sudah disiapkan anggaran untuk menangani gizi buruk, selain itu panti Asuh Gizi juga telah disiapkan pemda sehingga apabila di temukan kasusnya di tahun ini dapat di tangani secara maksimal.” Tandasnya. (man)

Leave A Reply

Your email address will not be published.