Bupati Danny Hadiri Maulid Nabi di Desa Jalan Baru

0

HALBAR, Rakyatkini.com- Dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad Sallallahu Alaihi Wasallam 1441 Hijirah, Pemerintah Kabupaten Halmahera Barat (Halbar) bersama dengan Majelis Ta’lim (MT) Al-ukhuwah dan Forum Anak Maku Dudara (FAMD) serta masyarakat desa Jalan Baru menggelar perayaan Maulid tersebut di Masjid Desa Jalan Baru (Jalbar), sabtu (16/11).

Acara Maulid yang di rangkai dengan Peresmian TPQ Al-hijrah ini di hadiri oleh Bupati Halbar Danny Missy, Asisten I Setda Halbar Vence Muluwere,Kepala Kantor Kemenag Halbar (Kakankemenag), Pimpinan SKPD, Penceramah Kondang Ustad Thaha Kotu, unsur forkopimcam, Keplada Desa (Kades) Jalbar Kardi Rumbalifar, MT Al-ukhuwah, forum anak maku dudara,Tokoh masyarakat dan tokoh agama jalbar serta masyarakat setempat yang berkesempatan hadir.

Kepala Desa Jalan Baru Kardi Rumbalifar di Kesempatan itu menyampaikan, MT Al-ukhuwah serta masyarakat jalbar sangat senang atas kehadiran Bupati Halbar, dimana ini menunjukkan sikap peduli pemkab halbar terhadap setiap umat beragama.

“Terima Kasih kepada Bupati yangsudah berkesempatan hadir pada malam ini. Malam ini selain perayaan Maulid Nabi, kita juga akan meresmikan TPQ Sekaligus Perpustakaan AL-hijrah. TPQ ini dibangun ,menggunakan ADD TA 2019 yang nantinya berfungsi sebagai tempat untuk memberantas buta huruf Al-qur’an dan sebagai perpustakaan desa. Fasilitas dari TPQ ini sendiri Terdapat tiga buah komputer, lima unit mesin jahit 1000 buah buku, fasilitas internet, dan beberapa fasilitas lainnya yang menunjang jalannya aktivitas TPQ Al-hijrah.” Ujar Kardi

Pada Kesempatan yang sama Kakankemenag Halbar menyampaikan sebagai Kakankemenag yang baru menjabat kurang lebih 6 hari, melihat situasi halmahera barat yang sangat baik dalam hal toleransi dan suasan kehidupan keberagaman di tunjukkan oleh masyarakat halbar ini menjadi hal yang luar biasa. Untuk itu saya memberikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada masyarakat yang ada di kabupaten halbar dan pemkab halbar karena dapat bersatu dalam perbedaan yang ada disini. Ini nantinya mempermudah salah satu visi misi kementrian agama yaitu upaya meningkatkan kualitas hidup beragama di kabupaten halmahera barat. Saya sangat optimis kedepannya halbar akan menjadi contoh kehidupan beragama bagi daerah lainnya, dimana sikap kerukunan yang begitu luar biasa ditunjukan setiap lapisan masayarakt yang ada di halbar.

“dari segi pendidikan agama, di halbar sudah terdapat 3 madrasah negeri, ini menjadi PR saya kedepannya bahwa kita akan upayakan SD thelogi kristen, SMP theologi kristen, dan SMA theologi kristen yang ada di halbar ini bisa kita negerikan. Bila perlu saya dengan bupati bertolak ke jakarta ketemu pak dirjen agar supaya sekolah yang satu-satunya ada di maluku utara itu bisa kita negerikan. Sehingga apabila kita berbicara kerukunan itu bisa seimbang. Dan apabila ini terwujud maka kedepan kita bisa membangun monumen kerukunan beragama sebagai icon dari masyarakat halbar.” tuturnya

Sementara itu Bupati Danny Missy dikesempatan itu juga menyatakan, dalam rangka kegiatan peringatan maulid nabi muhammad saw yang rutin diselenggarakan setiap tahun ini sangat baik. Bukan hanya sekedar memenuhi tradisi semata, namun yang lebih utama adalah menjadi sarana untuk semakin mempertebal kecintaan kepada nabi muhammad saw.
“Pada momentum Maulid Nabi ini patutnya kita memantapkan toleransi dan kebersamaan kita semua. maka, yang paling penting untuk terus dilakukan adalah menjaga kerukunan hidup bermasyarakat, baik intern umat se-agama, antar umat beragama maupun antar masyarakat dengan pemerintah, sehingga halmahera barat bisa menjadi pusat bhineka tunggal ika di jazirah moloku kie raha. Dan dalam rangka meningkatkan kualitas beragama, pemkab halbar mencoba melakukan inovasi-inovasi di bidang keagamaan. TPQ yang akan diresmikan malam ini dengan berbagai fasilitas di dalamnya adalah bagian dari inovasi dalam meningkatkan kualitas beragama di halbar.” Pungkas Danny.

Danny juga menginstrusikan kepada kades jalbar apabila ada sesuatu yang dibutuhkan untuk menunjang fasilitas TPQ Al-ukhuwahsegera disuarakan ke pemkab halbar dan akan secepatnya kita tindak lanjuti. (man)

Leave A Reply

Your email address will not be published.