Dilaunching, Pemkab Halsel Siap Bantu Kembangkan Bummas Wayamiga

0

HALSEL, Rakyatkini.com- Untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa Wayamiga kecamatan Bacan Timur, kini di launching Badan Usaha Milik Masyarakat (Bummas) yang dibawa binaan Rumah Zakat yang bergerak dengan bidang Ekonomi dan Dakwah. Wakil Bupati Halmahera Selatan Iswan Hasjim yang melaunching rabu (25/9) yang dipusatkan di kantor desa Wayamiga.

Relawan Rumah Zakat Wayamiga Agustiwa kepada wartawan usai kegiatan launching mengatakan, Bummas Wayamiga ini adalah Bummas binaan Rumah Zakat, Rumah Zakat ini bergerak di dua program prioritas yakni program ekonomi dan program dakwah serta pendidikan, Bummas ini masuk dalam program Ekonomi karena bergerak dibidang pertanian dan perdagangan karena untuk pemberdayaan masyarakat desa Wayamiga.

“Pemberdayaan ini bergerak di sektor pertanian, peternakan dan produksi, seperti gula aren kristal dan gerakan, Pertanian sendiri berbagai macam buah yang menjadi fokus pengembangan pemberdayaan karena targetnya juga untuk menjadikan Wayamiga sebagai desa buah di kabupaten Halmahera Selatan,” Paparnya.

Menurut Agustiwa, Rumah Zakat ini sudah dibangun sejak april 2018 lalu jadi satu tahun lebih, hasil pertanian dijual baru seputaran bacan, dan rencana 2020 baru ada pelatihan (PIRT) Pangan Industri Rumah Tangga untuk dijual ke Ternate dan sebagai syarat.

“Untuk Satu bulan produksi bisa sampai 250 sampai 300 bungkus jadi hasilnya Rp 3-5 juta dan anggota kelompok 10 orang. Jadi diharapkan campur tangan pemerintah untuk urusan perdagangan nya,” Harapnya.

Sementara itu, wakil Bupati Halmahera Selatan Iswan Hasjim dalam sambutan launching mengatakan, Di launching nya Bummas ini adalah langkah maju untuk menuju pada kesejahteraan, untuk itu Pemkab Halmahera Selatan hadir dapat membantu masyarakat untuk mensukseskan program program Bummas karena berhubungan dengan pendapatan masyarakat, langkah seperti ini adalah langkah pemberdayaan yang Pemkab inginkan.

“menyampaikan penghargaan kepada kades dan relawan zakat ini yang telah berinisiatif membangun pemberdayaan ditingkat masyarakat,” Katanya.

Orang nomor dua kabupaten Halmahera Selatan ini lantas menginstruksikan kepada dinas teknis seperti dinas Pertanian dan dinas Perdagangan yang ikut serta kegiatan launching ini agar menyimak gerakan yang dilakukan oleh rumah zakat dan diberikan disupport karena untuk mencapai kesejahteraan masyarakat itu sendiri.

“Desa Wayamiga sebagai desa penghasil buah di Halsel, jadi dinas pertanian dapat support penuh, termasuk pembinaan dan pemberian pupuk, Disperindag bantu penjualan setiap musim panen dan sukses dan mempertahankan wayamiga sebagai desa agro atau buah kuncinya ada di masyarakat bukan pemerintah, makanya harus konsisten, pemkab Halsel mendukung dan memberikan support penuh atas upaya Bummas Wayamiga,” Pungkas Iswan. (tox)

Leave A Reply

Your email address will not be published.