Dinkes Halbar Gelar Temu Kader Posyandu

400 Kader Hadiri Temu Posyandu di Sasadu

0

HALBAR, Rakyatkini.com– Pemerintah Kabupaten Halmahera Barat (Halbar) melalui Dinas Kesehatan Selasa (17/9) mengelar kegiatan Temu Kader Posyandu tingkat Kabupaten tahun 2019. Kegiatan ini di pusatkan di Sasadu Lamo desa Acango yang di buka langsung oleh Bupati Halbar Danny Messy.

Kepala Dinas Kesehatan Rosfince Kalengit dikesempatan itu mengatakan, Posyandu saat ini tetap merupakan sarana penting di lingkungan masyarakat untuk mencapai keluarga sadar Gizi dan sehat mandiri posyandu. Posyandu salah satu bentuk upaya kesehatan bersumber daya masyarakat (UKBM) yang di kelola dari, oleh dan untuk masyarakat.

“Peserta temu kader pada tingkat kabupaten merupakan perwakilan dari 9 kecamatan yakni, Kecamatan Jailolo, Jailolo selatan, Jailolo Timur, Sahu, Sahu Timur, Ibu, Tabaru, Ibu Selatan, dan Loloda.” Tuturnya

Lanjutnya, tuajuan dari kegiatan ini untuk meningkatkan kualitas kader dan memberikan penghargaan dan motivasi pada kader dalam melaksanakan kegiatan di posyandu.

” Saya harap dapat meningkatkan kebersamaan antara sesama kader dalam membangun kebersamaan kader dalam mewujudkan pelayanan yang berkualitas dan mandiri” harapnya

Semntra itu Bupati Danny Missy juga mengatakan, Para kader Posyandu adalah gugus terdepan, karena mereka ada di setiap desa. Kita lihat saat angka stanting masih tinggi, gizi buruk masi tinggi, angka kematin ibu hamil masih tinggi. Oleh karena itu, Tujuan kita harus menurunkan tiga Maslah tersebut.

” saya harap Temu kader ini dapat menurunkan beberpaa hal itu, diharapkan juga para kades mampu mendeteksi tiga hal itu dan itu peran kades dan berkoordinasi dengan kader pisiandu. Selai itu anggran DD itu harus berpihak ke Posyandu dalam hal ini insentif kader posiandu. Karena ini juga menjadi isyarat UU desa yang hatur diketahui oleh kades.” Tegasnya

Selain para kades, Bupati juga menegaskan kepada para Camat juga peran aktif.” Saya berharap persoalan ketigal hal menyangkut kesehatan bisa naik ke arah yang balik, karena Kita sudah keluar dari daerah tertinggal, jadi.
Pendidikan sudah mulai baik. Dapodik kita sudah masuk urutan dua. Jadi kesehatan kita diurutkan ke tiga, jadi saya harapkan tahun ini kita lewat satu tingkat jadi urutan ke dua.”ungkapnya (man)

Leave A Reply

Your email address will not be published.