Dukung Ketahanan Pangan, Kompi Senapan A Yonif RK 732/Banau Kembali Panen Bawang Merah

0

LABUHA, Rakyatkini.com Upaya mendukung Ketahanan Pangan, Kompi Senapan A, Yonif RK 732/Banau, Panen Raya Bawang Merah ditengah Pandemi COVID 19. Ketahanan Pangan merupakan hal yang mendasar bagi masyarakat terutama di tengah pandemi COVID 19 ini. Hal tersebut tentunya sudah diantisipasi oleh jajaran TNI – AD, dalam hal ini adalah Kompi Senapan A, Yonif RK 732/Banau  pada khususnya.

Kompi Senapan A, Yonif RK 732/Banau yang berkedudukan di Labuha Kabupaten Halmahera Selatan dan dipimpin oleh Kapten Inf Danil Supriatama, telah lama menggagas Kebun Bawang dengan memanfaatkan Lahan Kosong di Kompinya. Hal tersebut dilakukan tentunya dengan upaya untuk mendukung ketahanan pangan yang diprogramkan Komando Atas, yakni Kodam XVI/Pattimura dan juga untuk membekali prajurit akan pentingnya menjaga keseimbangan kebutuhan panga “Selain laksanakan latihan bidang militer, kita juga latih untuk bercocok tanam. Juga Didukung dengan komando Kodam Patimura untuk membantu pemerintah daerah menjaga stabilitas ketahanan pangan di daerah masing masing,” papar Komandan Kompi senapan A Yonif RK Yonif 732 Bantu Kapten Inf Danil Supriatama.

Di tengah Pandemi COVID 19 ini, Kompi Senapan A melaksanakan panen raya Bawang Merah yang kedua selama berdirinya Kebun tersebut dan hal tersebut tentunya menjadi hasil pencapaian yang sangat positif dalam upaya mensukseskan Program Ketahanan Pangan. Output dari Bawang Merah itu sendiri, selain di jual di Pasar wilayah Halmahera Selatan, Bawang Merah tersebut juga diolah menjadi bawang goreng oleh Ibu Ibu Persit Kompi Senapan A dengan nama ‘Bawang Goreng Arjuna Bacan’ “Sudah koordinasi dengan pemda dan sudah dibantu alat pupuk, namun masih banyak kekurangan namun tetap berusaha. Hasil panen nya dipasarkan di Labuha dan sebagian lagi diolah menjadi bawang goreng Bacan, diolah oleh ibu ibu persik Kompi sendiri,” Tutur Danil.

Dalam rilis resminya di Kotis Waiheru, Satgas Yonif RK 732/Banau, Danyonif RK 732/Banau yang juga menjabat sebagai Dansatgas Yonif RK 732/Banau, Letkol Inf Suhendar Suryaningrat, S.H., M.Si., menyampaikan ‘Saya sangat berterima kasih atas apa yang dilakukan oleh Kompi Senapan A dalam upaya mendukung dan mensukseskan Ketahanan Pangan. Hal tersebut juga sudah di apresiasi oleh Komando Atas. Saya harap baik Yonif RK 732/Banau maupun Satgas Pamrahwan Maluku Yonif RK 732/Banau akan selalu berbuat yang terbaik, tulus, dan ikhlas “Panen yang keempat ini ada ni 1 ton, panen pertama ditahun 2019 bulan April 2,5 ton, bibit bawang merah ini diambil dari Brebes dari Surabaya sehingga kualitasnya bagus,” pungkasnya. (Tox).

Leave A Reply

Your email address will not be published.