Empat Santri Asal Morotai Terkonfirmasi Positif Covid-19, Satgus Masih Tunggu Langkah Selanjutnya Dari Tim Provinsi

0

MOROTAI,Rakyatkini.com – Sabanyak empat warga asal Kabupaten Pulau Morotai dinyatakan positif virus corona.

Empat warga yang positif Covid-19 ini diketahui setelah hasil tes swab dari Makasar yang diterima tim Satgas Covid-19 Propvinsi Maluku Utara (Malut), Kamis (30/04).

Juru Bicara Satgas Penanganan dan Penanggulangan Covid-19 Pulau Morotai, dr. Novindra Humbar saat dikonfirmasi, Kamis (30/04) membenarkan terdapat empat orang warga Morotai positif Covid-19.

“Iya, ini yang 5 santri kita kirim lalu dan hasilnya baru keluar sore ini, “ucapnya melalui pesan Whatshapp.

Kata dia, bakal mengikuti langkah selanjutnya sesuai prokoler Kesehatan Dinkes Provinsi Malut. Karena ini hasil tes pertama yang terkonfirmasi positif, tapi masih ada pemeriksaaan selanjutnya.

“Langkah selanjutnya kita mengikuti protokol Kesehatan Dinkes Provinsi, yang biasanya ini hasil swab pertama terkonfirmasi positif, akan dicek lagi pemeriksaan sampel tahap yang kedua bila negatif hasilnya dilanjutkan lagi pemeriksaan sampel tahap 3,”imbuhnya.

Ditanya terdapat lima orang yang dilakukan pemeriksaan satu negatif bakal ditangani seperti apa dirinya mengungkapkan bakal ditangani sesuai prokoler Kesehatan Provinsi Malut, karena mereka saat ini di Ternate.

“Jika 2 kali pemeriksaan hasilnya negatif baru dikatakan bebas Covid-19,”katanya.

Sekedar diketahui, keempat warga Morotai yang positif Covid-19 adalah kelima Santri yang ketehui mondong di salah satu pesantren di Pulau Jawa, tiga minggu lalu ini pulang ke tempat asal (Morotai) setelah tiba di Morotai mereka di Karantina selama 14 hari di Hotel Said Morotai, setelah dilakukan tes kedua kalinya kelima reaktif, kelimanya kemudian di evakuasi dari Morotai ke Ternate satu minggu lalu dan setelah lakukan tes empat diantaranya positif. (gk)

Leave A Reply

Your email address will not be published.