Gempa 7.1 SR Guncang Morotai, Rumah Warga di Dua Desa Rusak Berat

0

MOROTAI,Rakyatkini.com – Gempa bumi 7.1 Magnitudo yang melanda Kabupaten Pulau Morotai, Kamis (04/06) sekitar pukul 17:49 Wit membuat warga kepanikan dan berhamburan keluar rumah.

Dari amatan Media ini, terlihat sejumlah warga berhamburan keluar rumah untuk mengalamatkan diri masing-masing.

“Gempanya kuat sekali, saya lari keluar rumah untuk selamatkan diri, “ucap Suminarti salah satu warga Desa Gotalamo.

Dia mengaku, gempa bumi kali goncangannya cukup kuat dibandingkan gempa bumi sebelumnya.

“Di Morotai hampir setiap minggu pasti terjadi tanah goyang, tapi tanah goyang kali ini kuat, saya sampai ketakutan, “imbuhnya.

Sementara warga lainnya mengungkapkan mengalami kepanikan luar biasa dengan adanya gempa bumi yang berlangsung.

“Saya sangat takut terjadi apa-apa, sampai bantal saya kira anak saya dan saya bawa lari keluar saat tanah goyang terjadi, tapi Alhamdulillah anak saya tidak apa-apa, “timpal Asria yang bersetatus sebagai ibu rumah tangga ini.

Dari data yang dihimpun Media ini, terdapat sejumlah rumah warga di Desa Lusuo, Kecamatan Morotai Utara (Morut) dan Desa Pangeo, Kecamatan Morotai Jaya (Morja) mengalami rusak parah karena dinding rumahnya roboh akibat dari gempa bumi yang terjadi.

Terpisah, Plt Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pulau Morotai, Abjan Sofyan saat dikonfirmasi terkait dengan rumah warga di dua Desa yang mengalami kerusakan dampak dari gempa, dirinya membenarkan. Namun dirinya belum memastikan berapa rumah yang mengalami kerusakan.

“Ada beberapa rumah di Lusuo yang rusak berat, tapi masih di croscek, “timpalnya melalui pesan Watshapp.

Dia lantas menghimbau kepada seluruh warga agar tidak terlalu panik dengan gempa bumi yang terjadi. “Jangan sampai takut berlebihan, sehingga menyebabkan hal-hal yang tidak diinginkan bersama, “harapnya.

Sekedar diketahui, informasi dari pihak BMKG gempa 7.1 Magnitudo ini tepatnya di 2.83 LU,128.11 BT (89 km Barat Laut Daruba) dengan kedalaman :112 km.(gk)

Leave A Reply

Your email address will not be published.