Halbar Dapat 23 Tenaga NS Dari Kemenkes

0

HALBAR, Rakyatkini.com – Sebanyak 23 tenaga Nusantara Sehat (NS) ditempatkan di Kabupaten Halmahera barat (Halbar).

Tenaga NS yang ditempatkan di halbar itu, akan bertugas selama dua tahun dan dari 23 orang, terdiri dari 3 orang dokter/ dokter Gigi dan 20 tenaga kesehatan lainnya diantaranya perawat, bidan, serta kesehatan masyarakat. 23 tenaga NS tiba di halbar, Senin (4/11) diantar langsung oleh Arif Wibowo dan Jufri sebagai pendamping dan diterima langsung oleh Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Syahril Abduradjak, Kepala Dinkes Rosfince Kalengit dan unsur pimpinan SKPD lingkup Pemkab halbar.

Pendamping NS Arif Wibowo saat pertemuan dengan Sekkab Syahril Abduradjak di ruang rapat sekkab menyampaikan, sebanyak 23 tenaga NS ini telah dilepas oleh menteri Kesehatan bersama tenaga NS yang telah tersebar di seluruh Indonesia, sehingga 23 tenaga NS yang saat ini hadir di halbar ini, merupakan permintaan dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Halbar.” tenaga NS ini merupakan hasil rekrutmen yang dilakukan pusrengun BPSDM kesehatan, sehingga dapat membantu Pemkab dalam membuat pelayanan kesehatan di halbar,”ungkapnya.

Sementara Kadinkes Rosfince Kalengit di dampingi Kabid Yankes & SDK Rahmat Patty menyatakan, dari 23 tenaga NS yang telah hadir di Halbar ini, akan disebarkan di beberapa Kecamatan, karena dari 23 orang, ada 12 orang tenaga NS tim dan 11 tenaga NS Individu. Untuk 12 tenaga NS tim, 6 orang ditempatkan di Puskesmas Golago Kusuma Kecamatan Sahu Timur dan 6 orang di Puskesmas Kedi Kecamatan Loloda. Sementara tenaga NS Individu tersebar dibeberapa puskesmas yakni 2 orang di Puskesmas Golago Kusuma, 2 orang di Puskesmas  Kota Jailolo, 4 orang di Puskesmas Kedi, 1 orang Puskesmas Sahu, 1 orang Puskesmas Sidangoli dan Puskesmas Bobane Igo 1 orang.”Harapan kami semoga dengan kehadiran tenaga NS bisa membantu pelayanan kesehatan di puskesmas, apalagi ada beberapa puskesmas yang akan di akreditas, maka kita bersyukur karena Kemenkes bisa mengirimkan tenaga NS ke Halbar,”katanya.

Terpisah Sekkab Syahril Abdurajak menambahakn, keseharian 23 tenaga NS akan menjadi tantangan tersendiri, karena 23 TNS akan ditempatkan di tempat tugas yang jauh dari pusat kota. Sekkab mengaku, 23 tenaga NS tidak lagi merasa kaget dengan kondisi daerah yang jauh, karena sesuai informasi dari pendamping NS mereka sudah dilatih dan terbiasa ditempatkan di tempat yang jauh dari pusat kota.”Saya berkeyakinan 23 tenaga NS ini akan memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat halbar. Saya berharap selain memberikan pelayanan kesehatan yang baik, juga mampu menyesuaikan dengan lingkungan sekitar dan mampu bersinergi dengan masyarakat serta pemda halbar dalam mewujudkan halbar sebagai kabupaten dengan tingkat kesehatan masyarakat yang tinggi,”ujarnya Syahril. (man)

Leave A Reply

Your email address will not be published.