Ikut Lomba Mewarnai Gambar, SD Inpres 15 Halbar Keluar Sebagai Juara Tiga

0

HALBAR,Rakyatkini.com – Sekolah Dasar (SD) Inpres 15 Halmahra Barat (Halbar) keluar sebagai juara tiga dalam lomba karya mewarnai Cagar Budauya. Lomba mewarnai Cagar Budaya merupakan sala satu rangkaian kegiatan Festival Rera Tomding (FRT) yang di selenggarakan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) bersama Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Halbar. Kegiatan Mewarnai ini di ikuti kurang lebih 7 Sekolah tingat SD di wilayah Halbar yang di pusatkan di lapangan Sasadu Lamo Desa Acango Kecamatan Jailolo, Selasa (1/10).

Kegiatan yang diikuti 7 Sekolah Dasar itu, ada sekitar 150 siswa/siswi yang mewakili Sekolah mereka masing-masing yang ditunjuk langsung oleh pihak sekolah untuk mengikuti lomba menggambar dan mewarnai rumah adat Sasadu sesuai konsep yang sudah menjadi ketentuan panitia. Mewarnai rumah bangunan Sasadu, karena bangunan Sasadu meruakan salah satu rumah adat yang hingga saat ini masih tetap dilestarikan dan digunakan untuk acara ritual yang ada di Halbar.

Siswa/siswi saat mengukuti lomba mewarnai gambar, selasa (1/10)

Kepala Sekolah (Kepsek) SD Inpres 15 Halbar Halik Hi. Hamisi bersama Guru Penjas Ruwaida Hi. Lolori saat mendampingi para siswa mengikuti loma mewarnai gambar menyatakan, pihaknya merasa bersukur, karena sekolah mereka diikut sertakan dalam lomba tersebut, sehingga apa yang didapat dari lomba tersebut bisa menjadi motivasi bagi siswa yang lain untuk terus belajar dan lebih mengenal tentang budaya yang ada di halabar.”Alhamdulilah, siswa kita atas nama Dimas Aditia Putra keluar sebagai juara tiga dalam kegiatan itu. Semoga kegiatan seperti ini terus dilakukan, sehingga dapat mengasah kemampuan para siswa untuk lebih mengenal cagar budaya yang ada di halabar,”harapnya.

Kepala Seksi (Kasi) Pelindungan Penimbangan Pemanfaatan Balai Pelastarian Cagar Budaya Maluku Utara (Malut) Iwaulini kepada wartawan mengatakan, dalam mendukung Festival Rere Tumding ada tiga yang kami selenggarakan salah satunya Mewarnai Cagar Budaya yang jatuhnya pada hari ini melibatkan perwakilan dari masing-masing siswa-siswi tingakat SD dihalbar.s

” Jadi selain acara mewarnai Cagar Budaya ada juga kegiatan sosialisasi Cagar budaya dan Bacarita kebudayaan akan di laksanakan pada besok tanggal 2-3 oktober,”ungkapnya

Dirinya juga mengatakan, dalam kegiatan mewarnai ini untuk membangun karakter dari siswa SD dengan tujuan anak itu bisa menciptakan keharmonisan dalam memahami Tentang kebudayaan khususnya mencintai tentang Cagar Budaya karna tema yang kita angkat disini adalah rumah adat Sasadu.

” jadi dalam gambar mewaranai itu ada ibu dan anak bermain di sekitar rumah adat Sasadu dengan musik ada maknanya, sehinga siswa ini bisa mengingat dimemorinya dan memanfaatkan bagimana sasadu itu sebagai tempat untuk melakukan beragam kebudayaan disitu terbangun ekosistemnya baik dari sisi bangunannya maupun masyarakatnya dan konsep gambar yang kita sediakan,”ujarnya

lanjutnya, sesuai hasil kordinasi dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Halbar pada kegiatan sehinga apa yang menjadi tareget 150 siswa untuk mengikuti kegiatan ini bisa tercapai.

“Karena ini berdasarkan dengan alat tulis mewarnai yang telah disediakan dan itu habis di gunakan oleh para siswa yang hadir,”pungkasnya. (man)

Leave A Reply

Your email address will not be published.