Ini Tujuh Isu Utama Pada Debat Paslon Perdana Pilkada Kabupaten Halsel

0

LABUHA, Rakyatkini.com Sesuai jadwal tahapan kampanye, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel) akan menggelar Debat Publik perdana bagi  Pasangan calon (Paslon) Helmi Umar Muksin – La Ode Arfan dan Usman Sidik – Bassam Kasuba sebagai peserta Pilkada Halsel pada sabtu 17 Oktober mendatang. Dalam dekat publik perdana kedua paslon ini akan disuguhkan 7 isu utama yang menjadi titik fokus dekat.

Menurut ketua KPU Kabupaten Halmahera Selatan Darmin Hi Hasim, dalam dekat perdana ini fokusnya adalah pendalaman visi misi calon bupati dan wakil bupati Halsel dengan menghadirkan lima akademisi dari Universitas Muhammadiyah Maluku Utara dan Unkhair Ternate sebagai tim penyusun “ada tujuh poin pendalaman visi misi calon bupati dan wakil bupati Halsel diantaranya adalah masalah pelayanan publik, peningkatan kesejahteraan masyarakat (Ekonomi), memajukan daerah, menyelesaikan persoalan daerah, penyelarasan pembangunan daerah dan pusat, memperkokoh NKRI dan strategi penanganan covid serta tambahan penanganan narkotika,” paparnya.

Tim penyusun materi debat tahap I calon Bupati dan wakil Bupati Halmahera Selatan ada para akademisi dari Universitas Muhammadiyah Maluku Utara (UMMU) Ternate dan Universitas Khairun Ternate yakni Wahyuni Bailussy (moderator), Syahroni A Hirto, Helmi Alhadar, Ali Lating dan Nurdin Muhammad. Dalam debat publik perdana tersebut KPU juga memberi peluang kepada masyarakat yang ingin mengajukan pertanyaan pada pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Halmahera Selatan. Mereka bisa mengajukan pertanyaan untuk menguji pasangan calon dan akan disiarkan langsung oleh RRI Ternate di salah satu segmen debat kandidat nanti.

Usulan pertanyaan yang diajukan masyarakat harus terkait dengan Visi & Misi masing-masing pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Halmahera Selatan. “Pertanyaannya bertujuan untuk kemajuan dan kesejahteraan rakyat berdasarkan fakta fakta dan tidak mendiskreditkan pasangan calon atau pihak pihak tertentu,” tegas Darmin.

Diharapkan pada masyarakat Halmahera Selatan dapat berpartisipasi dalam kegiatan debat tersebut.”Silahkan sampaikan pertanyaan dan saran untuk kemajuan Halsel,” ujarnya.

Dia melanjutkan, pertanyaan yang diajukan dapat diantar langsung ke Kantor KPU atau WhatsApp ke nomor 08124162891 dengan melampirkan foto KTP,  paling lambat 10 Oktober 2020 “Setiap pertanyaan yang masuk akan diseleksi, pertanyaan terpilih akan ditanyakan pada Paslon saat acara berlangsung,” tutup Darmin. (Red/Tox).

Leave A Reply

Your email address will not be published.