Bawaslu Halsel Rakor Bersama Panwascam, Ini Pesan Ketua Bawaslu Malut

0

LABUHA, Rakyatkini.com Untuk memantapkan proses pengawasan pada tahapan kampanye pasangan calon Bupati dan wakil Bupati Kabupaten Halmahera Selatan, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) kembali menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) bersama Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) se Kabupaten Halmahera Selatan.

Rakor Bawaslu Kabupaten Halmahera Selatan bersama Panwascam se Kabupaten Halmahera Selatan pada Kamis (24/9) di gedung serba Guna desa Labuha tersebut dihadiri langsung oleh ketua Bawaslu Maluku Utara Muksin Amri. Rakor Bawaslu tersebut bertajuk Rakor Pengawasan Tahapan Kampanye bagi Panwaslu kecamatan se kabupaten Halmahera Selatan pada pemilihan Bupati dan wakil Bupati tahun 2020.

Ketua Bawaslu Kabupaten Halmahera Selatan Kahar Yasim dalam sambutannya mengatakan, proses penetapan dan pencabutan nomor urut pasangan calon Bupati dan wakil Bupati Kabupaten Halmahera Selatan telah dilaksanakan jadi paska tiga hari paska pencabutan nomor urut itu sudah mulai tahapan kampanye “fungsi atau tugas pengawasan Panwascam tetap diintenskan,” tuturnya singkat.

Sementara itu, ketua Bawaslu Provinsi Malut Muksin Amri dalam sambutannya mengatakan, setelah dilakukan penetapan pasangan calon Bupati dan wakil Bupati maka sudah ada peserta pemilihan karena KPU sudah tetapkan “Penyenggara pemilu termasuk Pengawas ditingkat kecamatan tetap independen, tidak menunjukkan keberpihakan termasuk menggunakan simbol simbol di yang menunjukkan keberpihakan atau sebagai penyenggara tetap berjalan lurus,” tuturnya.

Muksin lantas mengingatkan kepada seluruh Panwascam se Kabupaten Halmahera Selatan agar tetap memperhatikan protokol kesehatan karena pelaksanaan atau kampanye di tahun 2020 ini ditengah pendemi virus Corona atau covid 19 “metode kampanye ditengah covid 19 maka seluruh proses tahapan harus ada protokol kesehatan karena Ada sangsi administrasi dan sangsi pidana,” sebutnya.

Disisi lain, Muksin juga menyampaikan terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Halmahera Selatan yang sangat proaktif mensukseskan pelaksanaan Pilkada di kabupaten Halmahera Selatan “terimakasih kepada Bupati atau Pemda karena sudah mencairkan dana ke Bawaslu Halsel 100 persen sesuai NPHD, ini satu prestasi oleh Bupati dan Pemkab Halsel dalam mensukseskan Pilkada Halmahera Selatan,” pungkasnya.

Kegiatan Rakor pengawasan tersebut dihadiri oleh Panwascam se Kabupaten Halmahera Selatan, ketua Bawaslu Provinsi Malut Muksin Amri, ketua Bawaslu Halsel Kahar Yasim, anggota Bawaslu Halsel Asman Jamel dan Rais Kahar serta sekretaris Bawaslu Halsel Kamil Muis. (Tox).

Leave A Reply

Your email address will not be published.