Jokowi Diklaim Bakal Untung Besar, Jika Gaet Dua Kandidat Cawapres Ini

DKI.KABARDAERAH.COM- Anggota Dewan Pakar Partai Nasdem, Teuku Taufiqulhadi mencermati ada beberapa kandidat cawapres dari kalangan nonpartai yang dinilai tepat untuk mendampingi Joko Widodo di Pilpres 2019.

“Kalau saya berfikir, nama-nama (kandidat cawapres nonpartai) yang muncul tidak ada hal yang perlu disanggah. Karena itu semua menguat,” kata Taufiqulhadi di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (11/7/2018).

Dari konteks rumus politik di Indonesia, kata Taufiqulhadi, Jokowi yang notabenenya berasal dari tanah Jawa akan cocok jika disandingkan dengan tokoh luar Jawa.

“Kalau seorang capres dari Jawa dan cawapresnya dari luar Jawa, itu bisa menunjang elektabilitas. Secara tradisional seperti itu. Tetapi perhitungan lebih detail bisa diukur dari lembaga survei,” tegasnya.

Jika dilihat dari geografis, kandidat dari luar Jawa yang belakangan beredar adalah Muhammad Zainul Majdi atau Tuan Guru Bajang (TGB). “Kalau TGB pilihan Pak Jokowi, kami akan mendukungnya,” jelasnya.

Selain sosok TGB, ia mengamini ada sosok lain yang juga bakal menguntungkan Jokowi jika digandeng sebagai cawapres. Salah satu tokoh yang hangat diperbincangkan adalah Mahfud MD.

“Menurut saya baik, dia (Mahfud) akan menambah dan mendukung elektabilitas. Dari sisi kapabilitas, beliau adalah guru besar tata negara, pernah menjadi ketua MK, dekat dengan berbagai pihak, dengan kaum modernis, dengan kaum Islam tradisional, menurut saya cukup baik,” pungkasnya.

Comments are closed.