Karantina dan Locksteril Dinilai Tak Efektif Cegah Virus Corona, KNPI Desak Pemda Morotai Lockdown

0

MOROTAI,Rakyatkini.com – Komiti Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Pulau Morotai mendesak Pemerintah Daerah (Pemda) segera mengambil langkah lakukan lockdown. Pasalnya, langkah karantina dan locksteril untuk mencegah penuluran virus corona yang saat ini diterapkan Pemda dinilai sudah tidak efektif.

“Dengan hanya menerapkan karantina dan locksteril tidak menjamin masyarakat Morotai terhindar dari penularan virus corona, bagi saya hanya dengan cara lockdown saja, masyarakat Morotai bisa terhindar virus corona, “kata Ketua Dewan Pimpinan Kecamatan KNPI Kabupaten Pulau Morotai, Mulkan Hi. Sudin, Rabu (01/04).

Menurutnya, langkah Pemda dengan hanya menerapkan karantina dan locksteril tidak efektif, karena Langkah ini akses masuk keluar seperti bandahara dan pelabuhan masih tetap dibuka.

“Sepanjang akses bandara dan pelabuhan masih tetap dibuka, maka sudah pasti orang dari luar bisa masuk ke Morotai, virus corona ini virus yang dibawah orang luar, kemudian menularkan ke orang lain, kalau tidak terapkan lockdown, ini sama halnya Pemda membuka ruang agar virus mematikan masuk ke Morotai, “cetusnya.

Kata dia, sejumlah daerah di Indonesia telah terapkan Lockdown dan cara ini daerah yang terapkan lockdown ini seluruh masyarakat terhindar dari virus corona. “Alasan Pemda Morotai tidak mau terapkan lockdown, karena takut perputaran ekonomi mati, ekonomi mati kan bisa dipulihkan kembali, tapi jika masyarakat mati, apakah Pemda bisa hidupkan kembali, “timpalnya.

Sesuai amatan dilapangan, lanjut dia, sejumlah tempat seperti hotel dan penginapana, dimana terdapat masyarakat dikarantina tidak difasilitasi dengan fasilitas berupa masker untuk hindari mereka dari penularan virus corona. Begitu juga dengan tenaga medis yang disiapkan menangani masyarakat yang di karantina hanya seadanya.

“Yang saya lihat di Hotel dan Penginapan tempat masyarakat dikarantina yang terlihat hanya pegawai Pemda dan pihak keaman, tidak terlihat tenaga medis disana, jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan siapa yang tangani masyarakat yang dikarantina ini, “imbuhnya.

Karena menilai langkah karantina dan lokcsteril tidak efektif untuk mencegah penuluran virus corona, dirinya mendesak Pemda segera mengambil langkah terapkan lockdown. “Segera terapkan lockdown, karena nyawa masyarakat lebih berharga dari segala-galanya, “desaknya. (gk)

Leave A Reply

Your email address will not be published.