Kinerja Baik, Kemendes PDTT Pilih Kades Lingua Ikut Benchmarking ke Thailand

0

HALBAR, Rakyatkini.com – Dinilai berhasil menjalankan tugas sebagai Kepala Desa (Kades) Lingua Kecamatan Loloda, Jony Bubane diberangkatkan ke Thailand untuk mengikuti Benchmarking atau pelatihan tentang pengolahan manajemen desa.

 

KadesLingua dipilih langsung oleh Kementrian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes-PDTT). Kades Lingu terpilih sebagai peserta Benchmarking bersama lima orang lainnya yakni Kades Buding Kecamatan Kelapa Sampit Kabupaten Bilitung, Kades Walenagiri Pelambuang Kecamatan Ampek Kabupaten Agam, serta tiga anggota BUMDes dari BUMDes Dandalam Desa babalo Kecamatan Palasa Kabupaten Parigi Mauntong, BUMDes Amartha Desa Pandowoharjo Kecamatan Sleman Kabupaten Sleman dan BUMDes Trimukti Desa Lubuk Sibontang Kecamatan Muarapapah Kabupaten Tanjung Jabung Barat.

 

”Jadi Kades Lingua terpilih sebagai peserta Benchmarking setelah diseleksi oleh Kemendes-PDDT, sehingga seluruh biaya transportasi dan yang lainnya ditanggung oleh Kemndes,”ungkap Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPM-PD) Asnath Sowo kepada wartawan, Jumat (25/10).

 

Asnath menambahkan, kegiatan Bencmarking sendiri dilaksanakan selama 8 hari dimulai Minggu (27/10) hingga 5 November mendatang.

 

”Semoga kegiatan yang diikuti oleh Kades lingua dapat bermanfaat, sehingga pada saat kembali bisa mengaplikasikan ilmu yang didapt di Thailand,”katanya.

Asnath juga berharap, apa yang diraih oleh Kades Lingua, bisa menjadi contoh bagi Kades yang lain, sehingga kedepan Kemendes, bia memilih salah satu Kades yang ada di Halbar untuk kembali mengikuti program Benchmarking.

 

”Ini menjadi kesan tersendiri bagi Halmahera Barat, karena Jutaan Desa di Indonesia dan ratusan Desa di Maluku Utara, namun Kades Lingua bisa terpilih ikut kegiatan Benchmarking ke Thailand yang di fasilitasi langsung oleh Kemendes,”pungkasnya. (man)

Leave A Reply

Your email address will not be published.