KPU Halbar Sukses Gelar Launching Pilkada 2020

0

HALBAR, Rakyatkini.com- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Halmahera Barat (Halbar) gelar launching pilkada 2020 dengan tema “Pemilih Berdaulat Negara Kuat” yang dipusatkan di lapangan Festival Teluk Jailolo (FTJ), Desa Gufasa, Kecamatan Jailolo, Kamis (21/11).

ketua KPU Halbar Miftahudin Yusup, dikesempatan itu mengatakan, sebagai keluarga besar KPUD Halbar mengucapkan terima kasih kepada pemerintah Halbar serta jajarannya yang suda mengsupport khususnya menganggarkan angaran Pilkada 2020.Foto Pelepasan Balaon Bertndanya Louncheng Pilkada Resmi di Helat

“Kami KPUD diberi penghargaan dari KPU Malut karena salah satu daerah tercepat mendatangani naskah perjanjian hiba daerah oleh pemerintah daerah, ini adalah merupakan sinergitas antara KPU dan pemda, muda-mudahan pelaksanaan Pilkada di tahun 2020 nanti berjalan sukses aman dan tertip, meskipun kita berbeda politik berbeda pilihan tatapi kita tetap satu warga masyarakat Kabupaten Halbar,” katanya.

Sementara itu, Ketua KPU Provinsi Malut Pudja Sutamat menyebut, Halbar mencatat prestasi yang cukup membanggakan dengan partisipasi pemilih 78 persen diatas rata-rata terget nasional yang suda direncanakan pembangunan jangka menengah secara nasional oleh Bapenas sehingga catatan penting itu harus dipertahankan.

“Kami berharap penyelenggara di Kabupaten Halbar bekerjasama dengan Disdukcapil jika kita bekerja bersama-sama maka hasil akan memuaskan. Tahapan pemilihan kepala daerah suda dimulai, tentu tahapan program dan jadwal sesuai dengan PKPU No 15 tahun 2019,” ungkapnya.

Pudja menambahkan, tahapan berjalan dengan sukses KPU tidak berdiri sendiri, semua yang ada di Halbar patut berbangga karena Jailolo sebagai pusat Festival.

“Apa yang kita lakukan semua terkontrol oleh pusat, sehingga marilah kita bekerjasama bagaimana Halbar menjadi contoh di Malut, saya berharap semua Stakeholder bekerjasama,” pungkasnya.

Terpisah, Bupati Danny Missy dalam sambutannya menyatakan, tahun 2020 mendatang adalah tahun politik dimana republik indonesia akan menyelenggarakan pesta demokrasi pemilihan umum Bupati dan Wakil Bupati Halbar secara serentak.

“Pilkada merupakan tonggak sejarah kepemimpinan di daerah khususnya di Kabupaten Halbar yang menjadi tanggungjawab kita bersama untuk mensukseskannya, karena kalau kita bersikap apatis, berarti kita menggadaikan nasib daerah ini selama 5 tahun kedepan,” paparnya.

Danny mengimbau, dalam tahun politik ini, tentu banyak potensi konflik akibat adanya perbedaan pendapat dan pilihan. Namun, saling menghormati agar berjalan aman dan kondusif.

“Kita harus saling menghormati perbedaan itu secara arif dan bijaksana sebagai sebuah dinamika proses demokrasi agar tidak terganggu keamanan dan ketertiban masyarakat serta membahayakan persatuan dan kesatuan bangsa,” imbuhnya.

Danny juga berharap kepada masyarakat Halbar agar semua berpartisipasi, gunakan hak pilih dengan sebaik-baiknya dan jangan Golput.

“Saya berharap agar kita semua bisa berpartisipasi, jangan golput dan gunakan hak pilih dengan sebaik-baiknya, memilihlah dengan cerdas, yaitu memilih orang-orang yang memiliki kualitas, integritas, dan loyalitas untuk membangun daerah ini yang terpenting juga, saya minta tetap pelihara suasana kondusif selama penyelenggaraan pemilukada tahun 2020 nanti,” harapnya.

Turut hadir Bupati Danny Missy, Wakil Bupati Ahmad Zakir Mando, Sekda Hi. Syahril Abdul Rajak, Kejari Halbar Salomina Meyke Saliama, Kapolres Halbar AKBP Aditya Laksimad, Danyon, Sultan Jailolo, Ketua KPU Malut Pudja Sutamat, Ketua KPU Halbar Miftahudin yusup beserta anggota, ketua Bawaslu Halbar Alwi Ahmad, ketua ketua partai politik Halbar dan unsur pimpinan SKPD. (man)

Leave A Reply

Your email address will not be published.