Kuatkan SDM Lewat Kampung KB

0

Kuatkan SDM Lewat Kampung KB

Padang, RakyatkiniBadan Kependudukan Keluarga Berencana (BKKB) Provinsi Sumbar terus mengupayakan penguatan sumber daya manusia dan sejumlah program kependudukan, lewat penguatan fungsi ratusan Kampung Keluarga Berencana (KB) yang tersebar di Sumbar.

“Tahun 2017 semua kecamatan kita sudah ada Kampung KB, dan tahun ini semua desa yang sangat tertinggal dan daerah stunting (penyakit anak tumbuh kerdil) itu akan dibentuk Kampung KB,” jelas Kepala BKKBN Sumbar, Syahruddin saat rapat Penelaahan Program KKBPK 2018 tingkat Sumbar di Hotel Axana Kota Padang, Rabu (19/9).

Sesuai dengan tema rapat KKBPK 2018, penguatan kampung KB sebagai upaya mempercepat terwujudnya kualitas sumber daya manusia, BKKBN terus mendorong kehadiran Kampung KB berdampak positif terhadap program-program keluarga, termasuk juga yang di luar itu.

Syahruddin berharap rapat tersebut dapat memberi dampak positif atas peningkatan kinerja tahun ini. Jelas dia, data capaian program kependudukan memang harus terus diveluasi agar realisasi tahunan dapat tercapai.

Beber dia, penambahan Peserta KB baru sejak Januari hingga pertengahan September ini sebanyak 93,235 atau 97,98 persen. Walaupun hasil belum sesuai target, Syahruddin mengapresiasi capaian tersebut.

Program KKBPK telah banyak mengubah pola hidup masyarakat menjadi lebih sehat dan peduli keluarga. Kata dia sejumlah target sudah dicapai dengan baik, seperti untuk target tingkat kelahiran atau TFR 2017 secara nasional yang dipatok  turun dari 2,6 menjadi 2,4,  di Sumbar juga turun dari 2,8 menjadi 2,6.

Adapun target lain yang masih rendah, diantaranya angka Unmet Nedd (kesenjangan usia wanita bereproduksi) di Sumbar masih cukup tinggi. Lalu belum optimalnya program di sekitar kampung KB. Ataupun rendahnya serapan anggaran. Untuk itu dia meminta sisa waktu 4 bulan ke depan dapat dimanfaatkan dengan baik.  (isr)

Leave A Reply

Your email address will not be published.