Lewat HUT Korpri, Pemkab Lestarikan Permainan Tradisional

0

HALBAR, Rakyatkini.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Halmahera Barat (Pemkab) memriahkan HUT Korps Pegawai Republik Indonesia (KORPRI) ke-48 dengan melestarikan permainan tradisional.
HUT Korpri yang dilaksanakan di halaman kantor Bupati, Jumat (29/11), permainan tradisonal yang dilaksanakan dalam merayakan HUT Korpri itu, dengan tujuan permainan tradisional ini bisa tetap terjaga dan tidak hilang oleh perkembangan zaman. Lomba yang digelarpun merupakan permainan tradisional anak-anak, di antaranya Cenge-cenge, sem, boy tampurung, gole tampurung, roda-roda, laring karung, domino, tarik tambang dan juga gigit sendok, selain juga di adakan lomba Panca Prasetya Korpri dan lomba kebersihan kantor yang diikuti seluruh ASN lingkup Pemkab Halbar dan beberapa instansi vertikal.

Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Halbar Syahril Abduradjak saat mempin HUT Korpri di halaman kantor Bupati menyamapiakan, sesuai arahan Presiden, seluruh anggota Korpri untuk mengambil jalan perubahan dan melakukan reformasi secara berkelanjutan, tidak ada lagi pola pikir lama, tidak ada lagi kerja linear dan tidak ada lagi kerja rutinitas.

”Birokrasi harus beruba, kita haru membangun nilai-nilai baru dalam bekerja dan cepata beradaptasi dengan perubahan. Saya mengajak seluruh angoota Korpri untuk terus menerus bergerak mencari terobosan, terus menerus melakukan inovasi. Pelayanan yang ruwet, berbelit-belit dan yang menyulitkan rakyat, harus kita pangkas, kecepatan melayani menjadi kunci reformasi birokrasi,”tegas Sekkab.

Terpisah Kepala Dinas Kominfo, Kehumasan, Statistik dan Persandian Chuzaemah Djauhar yang merupakan penanggung jawab publikasi lomba HUT Korpri menyatakan, kegiatan lomba yang dilaksanakan dalam rangka menyambut HUT KORPI ke-48 beberapa waktu lalau, merupakan permainan tradisional anak-anak yang sering dimainkan anak-anak halbar dan maluku utara pada umumnya.

”Tujuan permainan tradisional ini digelar merupakan pemikiran dari pak Sekkab, agar permainan tradisional bisa tetap terjaga dan tidak hilang oleh perkembangan zaman,”jelas Emma.

Usai upacara HUT Korpri, dilangsungkan dengan penyerahan hadiah yang diserahkan oleh Sekkab Syahril Abd Radjak dan diikuti unsur forkopimda serta asisten dan staf ahli. Untuk lomba Panca Prasetya Korpri dijuarai oleh Syamsir Ali kategori putra dan Sonya Mail dari BP3D untuk kategori putri, juara lomba kebersihan kantor dijuarai oleh BP3D, sedangkan loba kebersihan kantor di luar kantor bupati dijuarai oleh Dinas Lingkungan Hidup, lomba cenge-cenge sendiri Bagian Umum Perlengkapan yang menjadi juara 1, lomba sem dijuarai oleh Dinas Pemuda dan Olahraga, boy tampurung dijuarai oleh Sekretariat DPRD, gole tampurung dan lari karung di juarai oleh Satpol PP, roda-roda dijuarai oleh dinas pariwisata, yang menjadi juara domino adalah tim duo dari kantor camat sahu, tarik tambang dan gigi leper sama sama dijuarai oleh Badan Pengelola Keuangan Daerah. (man)

Leave A Reply

Your email address will not be published.