Oktober-November, 11 Puskesmas Halsel Dinilai Tim Akreditasi

0

HALSEL, Rakyatkini.com– Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) yang menjadi ujung tombak pelayanan kesehatan masyarakat terus dibenahi oleh Pemerintah Kabupaten Halmahera Selatan, 11 puskesmas di kabupaten Halmahera Selatan yang belum diakreditasi bakal dinilai tim akreditasi pada bulan Oktober-November mendatang.

Sekretaris Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Halmahera Selatan Hj Hasna Muhammad kepada wartawan sabtu (21/9) mengatakan, Kabupaten Halmahera Selatan saat ini memiliki 32 puskesmas, 21 diantaranya telah terakreditasi dan sementara 11 diantaranya masuk dalam tahap akreditasi di tahun 2019.

” 11 puskesmas yang masuk dalam akreditasi 2019 ini bakal dinilai oleh tim surveyor dari Kementerian Kesehatan pada bulan Oktober dan November nanti,” Katanya.

11 puskesmas yang bakal dinilai oleh tim akreditasi di Oktober-November adalah puskesmas Sumber Makmur, puskesmas Lelei, puskesmas Mataketen, puskesmas Laromabati, puskesmas Sum, puskesmas Yaba, puskesmas Bisui, puskesmas Wayaua, puskesmas Indari, puskesmas Palamea dan puskesmas Jikohai.

“dalam penilaian nanti ada beberapa pokja yang fokus penilaian tim yakni Pokja administrasi, Pokja Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM) dan Pokja Upaya Kesehatan Perorangan (UKP) namun yang paling prioritas adalah UKM,” Papar Hj Hasna.

Hj Hasna juga menambahkan, Pokja yang menjadi fokus penilaian utama adalah UKM makan sangat diharapkan partisipasi masyarakat disetiap puskesmas juga sangat dibutuhkan, selain itu juga proses pelayanan di masing masing puskesmas diharapkan terus diperbaiki dan ditingkatkan.

“partisipasi masyarakat sangat dibutuhkan dan perbaikan serta peningkatan pelayanan kesehatan kepada masyarakat juga sangat penting jadi semuanya harus berjalan demi untuk menuju masyarakat kabupaten Halmahera Selatan yang sehat,” Ucap Hj Na sapaan akrabnya.

Sekedar diketahui, kabupaten Halmahera Selatan sudah memiliki 32 puskesmas, 21 puskesmas diantaranya telah terakreditasi dan bahkan Puskesmas Loleo Jaya menjadi satu satunya puskesmas yang terakhir utama dari kementerian Kesehatan. Sementara 11 puskesmas lainnya akan dinilai tim akreditasi pada bulan Oktober-November nanti.

“tingkat partisipasi masyarakat cukup tinggi adalah masyarakat Sumber Makmur, masyarakat bahkan menyediakan rumah dinas dokter ,bidan dan perawat serta terlibat aktif dalam setiap kegiatan yang berhubungan dengan puskesmas Sumber Makmur,” Pungkas Hj Hasna. (tox)

Leave A Reply

Your email address will not be published.