Panen Udang Vaname, Bupati Minta Kadis KP Jangan Berpikir Lokal

0

HALBAR,Rakyatkini.com – Upaya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Halmahera Barat (Halbar) untuk mengembangan budidaya udang Vaname di Halbar, mulai menunjukan hasil.

Budidaya udang Vaname yang saat ini dikembangkan di Desa Gamlamo Kecamatan Jailolo, kini sudah mulai menunjukan hasilnya, padahal pengembangan udang vaname di Desa Gamlamo baru dilakukan sejak Oktober 2019 lalu dan pada Jumat (24/1) telah dilakukan panen kurang lebih 2 ton.

”Jadi saya minta ke Kadis Perikanan, jangan hanya berpikir untuk dipasarkan di local, tapi sudah harus berpikir nasional dan internasional,”ungkap Bupati Danny Missy, ketika melakukan panen Udang Vaname di Tambak Udang Vaname, Desa Gamlamo, Jumat (24/1).

Menurut Politisi PDI-Perjuangan Halbar ini, saat ini kapal tol laut sudah mulai beroperasi di wilayah Halbar, sehingga dirinya sudah menyampaikan kepada pihak PELNI dan Nahkoda Kapal agar hasil perikanan bisa di muat untuk di ekspor keluar, jadi pihak PELNI dan pihak Kapal sudah menerima permintaan sesuai dengan kebutuhan, misalnya di halbar membutuhkan lima kontener pendingin, pihak kapal bisa menyiapkan, asalkan ada muatan yang sudah di siapkan di halbar.

”Jadi kalau hasil perikanan di kirim langsung ke Surabaya menggunakan kapal tol laut, maka pembelinya sangat banyak, apalagi ikan kakap putih dan udang vaname,”katanya.

Orang nomor satu di pemkab halbar ini menambahkan, sector perikanan akan terus dikembangkan, walaupun tidak terlalu banyak varietas, tetapi beberapa jenis unggulan perikanan yang akan dikembangkan untuk memenuhi standar kebutuhan, baik itu secara nasional maupun internasional.

”Jadi sekarang kadis perikanan jangan berpikir lagi lokal, tol laut sudah masuk, ini kita harus berpikir nasional dan internasional. Pabrik di tuada juga akan segera difungsikan, pabrik kita di dodinga juga sementara dibangun dan akan kita resmikan, sementara pabrik yang ada di loloda juga akan kembali diaktifkan, jadi saya berharap perikanan di halbar akan mengalami pertumbuhan, disamping rumput laut kita yang sudah dipasarkan secara nasional maupun internasional,”pungkasnya. (man)

Leave A Reply

Your email address will not be published.