Pemkab Halbar Bakal Bentuk Kecamatan Jalteng dan Jaltim

0

HALBAR, Rakyatkini.com- Pemirintah Kabupaten (Pemkab) Halmahera Barat (Halbar) berencana membentuk dua kecamatan baru, setelah Menteri Dalam Negeri (Mendagri) menyetujui pemekaran Loloda Tengah (Loteng).

Dua kecamatan yang kembali dibentuk adalah, Kecamatan Jailolo Timur (Jaltim) dan Kecamatan Jailolo Tengah (Jalteng). Dua kecamatan baru yang akan dibentuk ini masing masing 10 desa diantaranya, Kecamatan Jailolo Timur sendiri meliputi 10 Desa diantaranya, Akelamo Kao, Akesahu, Bobaneigo, Pasir Putih, Tabadamai, Toniku, Tetewang, Rioribati, Braha dan Dodinga. Sementara Jailolo Tengah meliputi Desa Bukumatiti, Todowongi, Tuada, Matui, Guaeria, Tataleka, Tauoro, Buku Madu, Bukubualawa, Ulo.

“Saya sudah perintahkan Asisten I bagian pemerintahan dan DPM-PD untuk menyiapkan dokumen pemekaran dua kecamatan baru,”ungkap Bupati Danny Missy

Danny menambahkan, memang saat ini masih dilakukan moratorium pemekaran, namun dokumen usulan sudah harus disiapkan, sehingga ketika moratorium dicabut, usupan pemekaran sudah bisa dilakukan.

“Prinsipnya kita tetap berupaya, sehingga dapat memperpendek rentang kendali pelayanan publik,”katanya.

Sementara untuk Kecamatan Loteng, sudah disetujui oleh mendagri, sehingga tinggal menunggu pengesahan Peraturan Daerah (Perda), pembentukan panitia peresmian dan diusulkan ke Mendagri untuk mengeluarkan nomor kode wilayah.

“Pastinya, Loteng sudah disetujui oleh mendagri untuk dimekarkan,”pungkasnya. (red)

Leave A Reply

Your email address will not be published.