Pulau Rao Resmi Jadi Kecamatan Baru di Morotai

0

MOROTAI, Rakyatkini.com – Penantian panjang masyarakat Pulau Rao Kabupaten Pulau Morotai menginginkan menjadi wilayah kecamatan akhirnya terjawab sudah. Ini setelah, Sabtu (28/12/2019) Bupati, Benny Laos dan wakilnya, Asrun Padoma bersama Ketua DPRD, Rusminto Pawane, Dandim 1508/Tobelo Letkol Inf Raymond L.M Sitanggang bersama pejabat Forkopinda, tokoh agama dan tokoh masyarakat dan masyarakat bertandang di Desa Leo Leo Rao.

Kedatangan orang nomor satu dan rombongan ini dalam rangka meresmikan Kecamatan Pulau Rao dan sekaligus melantik camat Pulau Rao.

Ketua DPRD Morotai, Rusminto Pawane dalam sambutannya mengatakan, dengan adanya acara peresmian Kecamatan Pulau Rao, maka jumlah keseluruhan kecamatan di Kabupaten Pulau Morotai menjadi 6 kecamatan.

” Peresmian ini merupakan suatu bentuk hadiah natal dari Pemda Kabupaten Morotai untuk masyarakat Pulau Rao sehingga perlu diberikan apresiasi, “katanya.

“Kami menginginkan agar dengan diresmikannya Kecamatan Pulau Rao dapat dijadikan motivasi bagi masyarakat Pulau Rao agar dapat berkembang menjadi masyarakat yang maju dan lebih baik. Ini merupakan komitmen Bupati dan Wakil Bupati Morotai untuk memajukan wilayah guna meningkatkan pelayanan publik yang memadai di wilayah Pulau Rao, “imbuhnya.

DPRD Morotai, kata dia, mengapresiasi kinerja Pemda Morotai atas terlaksananya peresmian Kecamatan Pulau Rao sebagai bentuk upaya pemekaran wilayah yang dilakukan oleh masa pemerintahan Benny Laos-Asrun Padoma hingga mendapat persetujuan dari pemerintahan pusat.

“Apresiasi lebih juga perlu diberikan kepada saudara mantan Ketua DPRD Morotai, Fahri Haerudin. Karena beliau merupakan tokoh penting dalam pencetus pemekaran wilayah Kecamatan Pulau Rao, “timpalnya.

Sementara Bupati Morotai, Benny Laos mengungkapkan kegiatan ini merupakan realisasi janji politik pemerintahan Benny-Asrun untuk mewujdukan RPJMD Kabupaten Pulau Morotai

“Diresmikannya Kecamatan Pulau Rao merupakan suatu kebutuhan bagi masyarakat Pulau Rao apabila ditinjau dari segi kultur/budaya dan peresmian ini diharapkan dapat menciptakan kondisi masyarakat Pulau Rao yang aman, damai dan sejahtera, “imbuhnya.

Melalui peresmian ini, lanjut dia, seluruh Desa yang sebelumnya masuk dalam Kecamatan Morselbar telah terpisahkan dan Desa Leo Leo Rao dan telah menjadi ibukota Kecamatan Pulau Rao.

“Pemda Kabupaten Morotai menitipkan beberapa pesan bagi masyarakat Pulau Rao agar menjadi masayarakat yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, taat kepada pemerintahan dan jalani kehidupan dengan keiklasan dan ketabahan, “harapnya sembari mengatakan pada awal tahun 2020 akan dilakukan pembangunan Kantor Camat Pulau Rao, pembangunan jalan penghubung Desa dan bangunan untuk ATM. (gk)

Leave A Reply

Your email address will not be published.