Puskesmas Kayoa Gelar Germas Bersama Masyarakat Desa Siko, Gafi dan Laigoma

0

LABUHA, Rakyatkini.com Untuk mewujudkan pola hidup sehat masyarakat wilayah kerja, Puskesmas Kayoa dipimpin langsung oleh kepala Puskesmas Kayoa Misna Sidika bersama staf Puskesmas melakukan kunjungan kegiatan ke tiga desa yakni desa Siko, Gafi dan desa Laigoma kecamatan Kayoa.

Misna Sidika kepada wartawan usai kegiatan di desa Siko mengatakan, dalam kunjungan tersebut dilakukan sejumlah kegiatan diantaranya kegiatan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas), refresing kader posyandu, BIAS, penjaringan di SD kelas 1, 2, dan 5 dan pemicuan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STMB) di desa Siko.

“kegiatan Germas ini berdasarkan SK bupati jadi saya sampaikan kepada pihak pemerinta desa, kepala sekolah, Bidan desa, kader posyandu dan juga masyarakat agar kegiatan Germas harus di laksanakan setiap bulan dan saya himbau agar tetap mengikuti protokol kesehatan, jaga jarak, pake Masker, dan cuci tangan di air yg mengalir menggunakn sabun,” tutur Misna.

Menurut Misna, dalam kegiatan Germas ada tiga poin aktifitas fisik (senam), makan sayur dan buah juga pemeriksaan kesehatan secara berkala, Bias dan penjaringan itu pemerikasaan kesehatan, gigi penimbangan untuk anak SD kelas 12 dan 5 sedangkan kan pemicuan STBM (Sanitasi Total Berbasis masyarakat) sala satunya pemicuan itu, cuci tangan pake sabun atau CTPS Terus pemicuan  itu bagi orang yg belum punya WC atau MCK dipicu untuk bisa buat wc MCK sehingga tidak ada lagi BAB disembarangan tempat.

“Kegiatan tersebut dilakukan untuk meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan masyarakat untuk berprilaku sehat dalam upaya meningkatkan kualitas hidup dan memiliki tujuan khusus  yaitu untk meningkatkan partisipasi dan peran serta masyarakat untk hidup sehat serta meningkatkan produktifitas masyarakat dan memgurangi beban biaya,” pungkasnya.

Kegiatan Germas, refresing kader posyandu, BIAS, penjaringan di SD kelas, 2, dan 5 dan pemicuan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat STMB dilaksanakan selama tiga hari yakni senin (21/9) hingga rabu (23/9) yang dipusatkan di kantor desa Laigoma, kantor desa Gafi dan Pustu serta lapangan SD Negeri Siko Kayoa, dalam. Kegiatan tersebut masyarakat serta siswa siswi SD turut serta dalam kegiatan. Masyarakat yang ikut partisipasi juga mengucapkan terimakasih kepada Puskesmas Kayoa yang intens melakukan sosialisasi dan pembinaan ditingkat desa. (Tox).

Leave A Reply

Your email address will not be published.