Rekrutmen TKD Guru di Morotai Sepi Peminat

0

MOROTAI, Rakyatkini.com- Rekrutmen Tenaga Kontrak Daerah (TKD) khusus guru Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Tingkat Pertama (SMP) di Kabupaten Pulau Morotai tahun 2020 yang dibuka sejak Januari resmi di umumkan hari ini, Selasa (11/02/2020).

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Pulau Morotai, F Revi Dara mengatakan dari hasil verifikasi berkas terdapat 225 orang guru SD yang mendaftar, namun setelah diseleksi hanya hanya 132 lulus. Sementara guru SMP hanya 31 orang lulus, dari 80 orang yang mendaftarkan diri.

“Masih kurang tenaga guru yang kami butuhkan, karena yang kami butuhkan 300 orang tenaga guru dengan rincian tenaga guru SD 250 orang, untuk tenaga guru SMP 50 orang, tapi yang lulus tidak sampai diangka yang kami butuhkan, “kata Revi berapa waktu lalu.

Kata Revi, sebanyak 137 guru SD dan SMP yang masih dibutuhkan, tenaga guru yang kurang diupayakan agar dapat terpenuhi. “Kami berikan perpanjangan waktu, jadi bagi siapa yang bekeinginan menjadi guru TKD silahkan mendaftarkan, untuk diseleksi kembali, “cetus Revi.

Menurut Revi, seleksi terhadap guru TKD ini dilakukan secara ketat, dimana jika terdapat sejumlah tenaga guru yang mendaftar, tapi yang dibutuhkan hanya satu orang, maka yang lainnya bakal digugurkan.

“Jadi hasil seleksi dilihat dari hasil IPK tertinggi, contohnya yang dibutuhkan hanya satu orang tenaga mata pelajaran IPA, tapi yang mendaftar 4 sampai 5 orang, maka IPK tertinggilah yang akan lulus, “timpal Revi.

Lanjut Revi, tenaga guru yang masih minim terdapat empat Kecamatan, yakni di Kecamatan Morotai Jaya (Morja), Kecamatan Morut, Kecamatan Mortim dan Kecamatan Morselbar.

“Untuk Kecamatan Morotai Selatan yang kurang itu guru SD mata pelajaran Bahasa Inggris dan empat Kecamatan disebut yang tenaga guru sudah lulus akan ditempatkan disana, “terang Revi. (gk)

Leave A Reply

Your email address will not be published.