Rumah Rusak Berat Karena Gempa Bakal Dapat Bantuan Semen

0

MOROTAI,Rakyatkini.com – Untuk meringankan beban warga yang terkena dampak bencana gempa bumi beberapa waktu lalu, Pemerintah Daerah (Pemda) Pulau Morotai bakal memberikan bantuan ke warga yang terkena dampak bencana tersebut.

“Mereka yang terkena bencana dan rumah mereka rusak, maka akan diberikan bantuan, “ucap Plt Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Morotai, Abjan Sofyan diruang kerjanya, Senin (08/06).

Kata dia, bantuan yang bakal diberikan dalam bentuk material. “Bantuannya berupa semen atau seng bagi warga yang terkena bencana, “katanya.

Dikatakan, istimasi anggaran yang diploting sebesar Rp 15 Milyar dan anggaran bakal diusulkan ke intansi terkait di pemerintah pusat.

“Sementara anggarannya masih susun dalam bentuk proposal dan sedua hari akan dikirim ke pusat,”imbuhnya.

Lanjutnya, Jika anggaran yang diusulkan tidak mencukupi, maka warga rumah rusak berat saja bakal diberikan bantuan, sementara rumah rusak sedang dan ringan disesuaikan dengan anggaran yang ada.

Ditanya apakah terdapat pendambahan warga yang terkena dampak bencana, dia mengakui masih ada tambahan.

“Untuk data sementara sekitar 406 rumah warga yang mengalami kerusakan didalamnya termasuk sekolah dan tempat ibadah, tapi data ini masih sementara, diperkirakan masih ada tambahan, karena masih dilakukan pendataan, “timpalnya. (gk)

Leave A Reply

Your email address will not be published.