Sambut HKN Dengan Pelayanan Kesehatan Gratis dan Senam Germas

0

HALSEL, Rakyatkini.com- Menyambut Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 55 tahun, Dinas Kesehatan Kabupaten Halmahera Selatan melakukan berbagai macam kegiatan termasuk Bakti Sosial (Baksos) pelayanan Kesehatan gratis. Hari Kesehatan Nasional (HKN) pada 12 November setiap tahunnya. HKN Tahun 2019 ini adalah HKN yang ke-55 dengan tema “Generasi Sehat, Indonesia Unggul”

Hari Kesehatan Nasional (HKN) sendiri bertujuan untuk mengajak masyarakat agar memiliki budaya hidup sehat dan meninggalkan kebiasaan atau perilaku yang kurang sehat, keringatan HKN biasanya disambut dengan beragam rangkaian kegiatan kesehatan baik di pusat maupun daerah.

“Kabupaten Halmahera Selatan sendiri berbagai macam kegiatan sosial yang dilakukan oleh dinas Kesehatan diantaranya pemberian kesehatan gratis di wilayah Gane dan Operasi bibir sumbing yang dipusatkan di Labuha,” Kata ketua panitia HKN, Senen Sahdar kepada wartawan jumat (8/11) di dinas Kesehatan.

Menurut Senen, selain dilakukan pelayanan kesehatan gratis di sejumlah tempat, Dinas Kesehatan juga melakukan lomba senam Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) dan ditanggal 15 November nanti dilakukan senam GERMAS bersama masyarakat kabupaten Halmahera Selatan.

“di HKN ini juga dinas Kesehatan memberikan penghargaan berupa sertifikat kepada desa desa yang berhasil melakukan pembinaan terkait stunting,” Paparnya.

Senen juga menjelaskan, selain HUT HKN, proses pelayanan gratis berupaya pemeriksaan kesehatan dan operasi bibir sumbing adalah bagian dari pelayanan pemerintah kabupaten Halmahera Selatan, upacara HKN sendiri akan dipusatkan di lapangan GOR pada 18 November mendatang.

“direncankan diatas tanggal 20 November baksos juga puskesmas yakni sunatan masal yang dilakukan oleh 32 puskesmas dan fokus di masing masing di wilayah kerja,” Pungkasnya. (tox)

Leave A Reply

Your email address will not be published.