Tarik Minat Generasi Muda Masuk TNI-AD, Koramil 1508-05/Daruba Gelar Sosialisasi ke SMK Bumi Moro dan SMKN I Morotai

0

MOROTAI, Rakyatkini.com- Untuk menarik minat generasi muda khususnya dikalangan pelajar untuk menjadi Tentara Nasional Indonesia Angakatan Darat (TNI-AD). Koramil 1508-05/Daruba menggelar sosialisasi. Sosialiasi yang diberlangsung SMK Bumi Moro dan SMK I Pulau Morotai, Jumat (07/02/2020) dalam rangka penerimaan prajurit TNI-AD Tahun 2020.

Komandan Kodim 1508/Tobelo, Letkol Inf Raymond Sitanggang kepada awak media mengungkapkan,sosialisasi yang dilakukan merupakan pemberitahuan informasi kepada siswa-siswi sekolah dan guru tentang adanya penerimaan calon prajurit TNI-AD.

“Tidak hanya itu, kegiatan ini juga sekaligus untuk menarik minat generasi muda untuk menjadi prajurit TNI-AD,”tegas Dandim.

Bati Tuud Koramil 1508-05/Daruba, Serma Erlanta Sihombing mengatakan, tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah untuk memberikan gambaran dan motivasi terhadap para siswa/siswi agar tumbuh rasa kebangsaan dan cinta tanah air menjadi prajurit TNI-AD.

“Para siswa/siswi berminat ingin jadi prajurit TNI-AD harus mempersiapkan diri sejak dini, baik persiapan fisik, mental dan belajar dengan baik serta rajin berolah raga, hindari perbuatan-perbuatan yang dapat merugikan diri sendiri maupun orang lain, “ucapnya.

Dirinya berharap, melalui kegiatan sosialisasi para siswa/siswi dapat mengetahui apa yang harus dilakukan untuk menjadi seorang prajurit TNI-AD dan persyaratan dan kelengkapan administrasi yang harus dipenuhi untuk menjadi prajurit TNI-AD.

“Adapun materi sebagai persyaratan menjadi calon prajurit TNI-AD meliputi, kelengkapan administrasi, kesehatan dan postur, kesegaran jasmani, mental ideologi serta psikologi. Dari setiap materi tersebut tentu ada standar nilai yang telah ditetapkan sebagai persyaratan untuk lulus menjadi prajurit TNI-AD. Apabila ada yang kurang jelas nanti bisa menanyakan langsung ke Koramil atau bisa membuka Link website www.ad.rekrutmen-tni.mil.id, “ucapnya.

Salah satu siswa SMK Bumi Moro, Muhamad mengaku, sangat antuasias dengan keberadaan Koramil 1508-05/Daruba yang menggelar sosialisasi penerimaan prajurit TNI-AD kepada mereka.

“Saya mewakili rekan-rekan siswa/siswi sangat berterima kasih kepada bapak-bapak dari Koramil 1508-05/Daruba yang sudah hadir di sekolah kami untuk sosiallisasi tentang penerimaan masuk TNI. Karena dengan adanya sosialisasi ini, kami dapat memahami syarat dan tahapan-tahapan seleksi yang harus kami siapkan sebelum mengikuti seleksi TNI-AD, “imbuhnya.

Sementara Kepala Sekolah (Kepsek) SMK Bumi Moro, Yatman Taba mengungkapkan selaku pimpinan sekolah sangat senang adanya sosialisasi  tentang penerimaan Prajurit TNI-AD yang dilakukan oleh Koramil 1508-05/Daruba ini.

“Kami pihak sekolah terutama para siswa/siswi SMK Bumi Moro sangat termotivasi, karena dengan adanya penerimaan prajurit TNI-AD yang di khususkan di daerah Pulau terluar, ini memberikan kesempatan terbaik buat putra daerah. Alhamdulillah sampai saat ini, alumni SMK Bumi Moro sudah berhasil menjadi prajurit TNI-AD sebanyak 5 orang, “bebernya.

“Harapan kami, kedepan pemerintah daerah Kabupaten Pulau Morotai dapat menambah kuota penerimaan TNI-AD maupun Polri melalui jalur kordinasi dengan pihak terkait, agar kuota TNI dan Polri, Khususnya daerah terluar lebih banyak supaya putra/putri daerah bisa terakomodir lebih banyak sebegai prajurit TNI-AD maupun Polro dari daerah perbatasan, “harapnya.

Kepsek SMK Negeri 1 Pulau, Morotai Sofyan Baba senada dengan Kepsek SMK Bumi Moro, Yatman Taba. Merutnya, dengan adanya sosialisai ini, sangat bermanfaat bagi anak didiknya.

“Kami berharap pihak stekholder terutama TNI-AD bisa memperhatikan generasi kami dan diakomodir yang berkeinginan mendaftarkan diri ke TNI-AD, “timpalnya. (gk)

Leave A Reply

Your email address will not be published.