Terapkan Protokol Kesehatan, KPU Resmi Buka Pendaftaran

0

HALBAR, Rakyatkini.com- KPU Halmahera Barat (Halbar), secara resmi membuka pendaftaran Bakal Pasangan Calon (Bapaslon) Bupati dan Wakil Bupati Periode 2020-2025.

Pembukaan pendaftaran Bapaslon Bupati dan Wakil Bupati yang dipusatkan di kantor KPU Desa Hoku-hoku Kecamatan Jailolo, Jumat (4/9), dihadiri Ketua KPU Miftahudin Yusup dan empat Komisioner KPU yakni, Yanto Hasan, Ramla Hasim, Maks Kurang, Abduraman Soleman, serta Ketua Bawaslu Alwi Ahmad, anggota Bawaslu Aknosius Datang dan Muhammadun Adam. Selain itu, dihari pertama pembukaan pendaftaran, langsung di hadiri Bapaslon Bupati dan Wakil Bupati Danny Missy-Imran Lolori, serta partai Politik Bapaslon.

Ketua KPU Miftahudin Yusup ketika membuka pendaftaran Bapaslon Bupati dan Wakil Bupati menyampaikan, berdasarkan peraturan KPU nomor 5 tahun 2020, tentang pemilihan Gubernur, Wakil Gubernur, Bupati Wakil Bupati, serta Walikota dan Wakil Walikota, dibuka selama tiga hari terhitung sejak Jumat (4/9) hingga Minggu (6/9).

“Pendaftaran dilaksanakan selama 3 hari yakni mulai tanggal 4 sampai tanggal 6 september, tapi pilkada kali ini tahapan pilkada mengalami perubahan, karena saat ini masih menghadapi penyebaran covid-19, sehingga hanya pasangan calon dan LO yang diperbolehkan masuk dalam ruangan pendaftaran,”ungkapnya.

Mitahudin menambahkan, setiap dokumen pendaftaran yang akan disampaikan oleh Bapaslon, akan disemprot menggunakan disinfektan untik menghindari penyebaran Corona Virus, setelah itu dilakukan verifikasi faktual berkas bakal calon, jika ditemukan masih ada kekurangan, akan dikembalikan untuk diperbaiki.

“Verifikasi berkas pasangan calon langsung dilakukan oleh tim verifikator pada saat pendaftaran, jika ada kekurangan langsung disampailan ke pasangan calon untuk diperbaiki,”katanya.

Setiap Bapaslon dan Simpatisan yang hadir di KPU, diwajibkan menggunakan masker dan sebelum masuk ke ruang wajib cuci tangan, karena protokol kesehatan diberlakukan saat pendaftaran Bapaslon. (man)

Leave A Reply

Your email address will not be published.