Tetapkan Loloda Jadi Kawasan Ekonomi Khusus

0

HALBAR, Rakyatkini.com– Upaya Pemkab Halbar untuk mendorong sektor Pariwisata terus digalakan. Selain melalui promosi wisata melalui ivent tahunan Festival Teluk Jailolo(FTJ), Pemkab secara resmi menetapkan wilayah Loloda sebagai Kawasan Ekonomi Khusus(KEK). Penetapan Loloda sebagai kawasan industri pariwisata itu sebelumnya telah ditetapkan melalui Perda yang telah disahkan dalam rapat paripurna oleh DPRD Senin lalu.

Kadis Pariwisata Feni Kiat kepada wartawan diruang kerjanya Jumat (12/9) mengungkapkan, penetapan Loloda sebagai kawasan industri pariwisata atau KEK oleh Pemkab tersebut nantinya bakal ditindak lanjuti dengan pembentukan tim yang didalamya termasuk Kementrian Pariwisata.

” Jadi ini pengembanganya jangka panjang.Banyak yang tentunya harus dipersiapkan baik regulasi,ijin Amdal misalnya,dan yang paling penting master plan nya,”ujar Feni.

Penetapan Loloda sebagai kawasan ekonomi khusus(KEK) itu menurutnya,salah satunya dari aspek geografis wilayah Loloda yang berdekatan dengan negara tetangga,maupun Kabupaten lain baik Halmahera Utara maupun Pulau Morotai.

” Pengembangan KEK ini lebih kepada sektor Industri.Loloda tentunya selain memiliki spot-spot pariwisata dari sektor perikanan yang nantinya akan dikembangkan kedepan. Kalau sudah terkoneksi tentunya mendorong pertumbuhan ekonomi,”terangnya.

Penetapan loloda sebagai kawasan industri pariwisata tersebut lanjut dia, nantinya bakal ditindak lanjuti melalui Kementrian Pariwisata dengan mengundang pihak Investor untuk dipresentasikan. Dimana penetapan Kawasan Ekonomi Khusus(KEK) ini bakal oleh Pemerintah pusat ditetapkan melalui Peraturan Presiden(Perpres). (man)

Leave A Reply

Your email address will not be published.