TMMD Ke 108 Resmi Dimulai Di Wilayah Kabupaten Tanah Datar

0

Tanah Datar-rakyatkini.com– Komando Resor Militer 032/Wirabraja bersinergi bersama Pemerintah Daerah Kabupaten Tanah Datar menggelar Acara Pembukaan Tentara Manunggal Masuk Desa (TMMD) Ke 108 tahun 2020 di wilayah Kodim 0307/Tanah Datar. Tema yang diangkat kali ini yaitu “TMMD Mengabdi Untuk Negeri”.

TMMD Ke 108 di wilayah Kodim 0307/Tanah Datar ini secara resmi dibuka, yang ditandai dengan pemukulan gong oleh Kepala Staf Korem 032/Wbr Kolonel Inf Amrizen, SE., mewakili Danrem 032/Wbr Brigjen TNI Arief Gajah Mada bertempat di Gazebo Indojolito Batusangkar, Kabupaten tanah Datar, Sumbar, pada Selasa (30/6/2020).

Pada saat dikonfirmasi awak media, Kasrem 032/Wbr Kolonel Inf Amrizen,SE., yang didampingi oleh Dandim 0307/TD Letkol Inf Edi S Harahap, S.Pd., M.I.Pol., menyampaikan bahwa pada hari ini pembukaan TMMD Ke 108 dilakukan secara serentak diseluruh wilayah Indonesia, salah satunya Provinsi Sumbar, ujar Kasrem 032.

Sebelum dimulainya kegiatan TMMD ini, pada beberapa hari yang lalu sudah dilakukan kegiatan pra TMMD, dimana kegiatannya berlangsung dari tanggal 7 Juni s.d 29 Juni 2020.

Selanjutnya, kegiatan TMMD ini dilaksanakan diwilayah Nagari Penyalaian Kec. X Koto, Kab. Tanah Datar, Prov. Sumbar.  Namun kali ini, proses pengerjaannya akan memakan waktu selama satu bulan, terhitung mulai tanggal 30 Juni s.d 29 Juli 2020. Dengan mengerahkan personel sebanyak 225 orang, yang terdiri dari Satgas TMMD 150 orang, Tim Penyuluhan OPD Tanah Datar 25 orang dan dibantu masyarakat 50 orang.

Adapun sasaran yang dilakukan pada saat pelaksanaannya, terdiri dari sasaran fisik dengan melaksanakan pembukaan dan pengerasan jalan baru sepanjang 2800 meter dengan lebar 6 meter. Sedangkan untuk sasaran non fisik dilakukan dengan cara Penyuluhan tentang virus Covid 19, Sosialisasi tentang penegakan disiplin protokol kesehatan Covid 19, Penyuluhan Hukum dan Narkoba, Pendidikan Belanegara dan Wasbang, Penyuluhan pertanian dan Penyuluhan Perikanan, jelas Kolonel Amrizen.

“Dibukanya jalan ini, nantinya akan memudahkan transportasi masyarakat dalam melakukan aktivitas seperti pada saat membawa hasil produksi pertaniannya, diharapkan kedepannya jalan tersebut bisa ditingkatkan lagi menjadi lebih bagus oleh pemerintah daerah dan lebih pentingnya lagi dengan adanya kegiatan TMMD Ke 108 TNI bisa lebih dekat bersama rakyat, sehingga memperkokoh persatuan dan kesatuan,” imbuh Kasrem 032.

Sementara itu, Gubernur Sumatera Barat H. Irwan Prayitno melalui Kadis PMD Provinsi Sumatera Barat Syafrizal Ucok mengungkapkan kegiatan TMMD merupakan bentuk pengabdian kepada negeri demi terwujudnya pertahanan negara yang tangguh di daerah, sekaligus upaya melestarikan sejarah kemanunggalan TNI-Rakyat dan juga penerapan gotong royong.

“Melalui program TMMD dapat mempercepat proses pembangunan dan peningkatan kesejahteraan rakyat. Pembangunan sarana fisik dengan pembukaan jalan diharapkan dapat membuka keterisoliran suatu daerah lainnya menuju pertumbuhan yang dapat meningkatkan perekonomian daerah tersebut,” ungkap Kadis PMD Provinsi Sumbar.

Wakil Bupati Tanah Datar Zuldafri Darma menyampaikan ucapan terimakasih kepada pimpinan TNI, Korem 032/Wbr dan Kodim 0307/Tanah Datar, dimana telah memberikan penghormatan kepada wilayah Kabupaten Tanah Datar sebagai salah satu wilayah dalam pelaksanaan TMMD secara nasional.

“Jika semangat masyarakat kita sinergikan dengan TNI di lokasi TMMD, semangat kegotong-royongan serta harmonisasi akan terbangun. Pemda sangat mendukung program ini, kita harapkan nanti OPD juga berikan kontribusi untuk TMMD ini, termasuk membantu semen satu atau dua zak apa salahnya, bawa makanan atau buah,” kata Wakil Bupati Tanah Datar, Zuldafri Darma yang sekaligus membuka agenda manunggal TNI itu, tutur Wakil Bupati.

Turut hadir dalam Acara Pembukaan TMMD tersebut, Bupati Tanah Datar diwakili oleh Wakil Bupati Tanah Datar Zuldafri Dharma, Ketua DPRD Tanah Datar, Kepala Dinas PMD Prov. Sumatra Barat, Pengadilan Tanah Datar, Kasi Ter Rem 032/Wbr Kol Inf Budi Prasetyo, S.IP, M.H, Kapolres Tanah Datar, Kapolres Padang Panjang, Kejaksaan Tanah Datar diwakili, OPD Tanah Datar, Ketua LKAAM Tanah Datar, Forkopimca X Koto, Walinagari Se Kec. X Koto, Ketua BPRN dan KAN Penyalaian, Ketua Persit KCK Dim 0307/TD, Ketua TP PKK Kab. Tanah Datar, Ketua DW  Kab. Tanah Datar, Ketua Bhayangkari Kab. Tanah Datar dan Ketua Bundo Kanduang Kab. Tanah Datar. (Pen 032)

Leave A Reply

Your email address will not be published.