Wabup Iswan Terus Temui Korban Gempa

0

LABUHA, Rakyatkini.com– Pasca berakhirnya Masa Tanggap Darurat Bencana Gempa Bumi Kabupaten Halmahera Selatan pada 28 Juli 2019 lalu,  Wakil Bupati Halmahera Selatan Iswan Hasjim terus intens meninjau sejumlah desa yang terkena dampak gempa yang berkekuatan 7,2 SR di daratan Gane dan sekitarnya.

Iswan Hasjim bertolak dari pelabuhan Babang menuju Desa Jibubu, Paspalele, dan Tawa Kecamatan Gane Barat Selatan, menggunakan Speed Boat Makododara, Selasa pagi (30/07). Tujuan utama selain meninjau  lokasi pengungsian ,Wabup juga membawa sejumlah bantuan tanggap darurat bencana untuk korban gempa. Di lokasi tersebut Wabup memastikan bahwa masyarakat dalam keadaan aman dan terpenuhi kebutuhannya, meski masyarakat masih diliputi sedikit kekhawatiran.

Wabup dan rombongan disambut masyarakat yang rumahnya terkena dampak gempa. Kemudian Wabup menanyakan kebutuhan mendesak yang diperlukan masyarakat saat itu. Berdasarkan pantauan Wabup dibeberapa desa tersebut, hampir seluruhnya telah tersentuh oleh bantuan serta tercukupi. “Alhamdulillah , semua kebutuhan telah terpenuhi. Saya kesini hanya memastikan itu saja, jika ada yang masih kurang harap kepala desa menyampaikan kepada kami agar kami dapat terus mengirim logistik bantuan,” ucap Iswan.

Iswan memastikan bahwa seluruh kebutuhan masyarakat akan terus disalurkan hingga 2 bulan kedepan dalam masa transisi. Pemerintah juga akan membangun rumah hunian sementara bagi seluruh korban yang rumahnya rusak akibat gempa 7,2 SR. “Harap bersabar yah,kalian akan tetap pada pengawasan Pemerintah Daerah,  kami juga akan segera membangun rumah hunian sementara untuk ditinggal. Selama menunggu pembangunan rumahnya, bantuan akan tetap kami salurkan,” jelasnya kepada warga desa.

Iswan menjelaskan bahwa bantuan terus disalurkan hingga  korban gempa seluruhnya sudah masuk mendiami rumah permanen yang  dibangun oleh pemerintah pusat nantinya. “Jadi selama menunggu pembangunan rumah permanennya, warga tetap terpenuhi kebutuhannya,” Tutur Iswan.

Masyarakat menyampaikan terima kasih kepada Wabup atas kunjunganya ke desa mereka. “Pak Wakil makasih so kamari lia pa torang (Pak Wakil terima kasih sudah mau kesini melihat kami),” Pungkas salah satu warga desa Jibubu kepada Wabup. (tox)

Leave A Reply

Your email address will not be published.