Vaksinasi di Halsel Baru Capai 16,55 Persen, Puskesmas Gane Luar Terendah

HEADLINE474 Dilihat

BACAN, Rakyatkini.com Meskipun pemerintah Kabupaten Halmahera Selatan terus melakukan sosialisasi dan edukasi untuk mengajak masyarakat melakukan vaksinasi namun kesadaran dan kemauan masyarakat melakukan vaksin masih jauh dari harapan, buktinya hingga senin (30/8) persentase warga Halmahera Selatan yang telah divaksin baru mencapai 16,55 persen.

Kepala bidang Pemberantasan Penyakit Menular Dinas Kesehatan Kabupaten Halmahera Selatan Husen Alhadar mengatakan, Kabupaten Halmahera Selatan awalnya diberikan target oleh kementrian Kesehatan yakni warga yang divaksin hanya 28 ribu namun Kementerian kembali memberikan target kedua lagi yakni warga Halmahera Selatan wajib di vaksin itu 188.744 makanya saat ini petugas terus melakukan vaksinasi “target awal yang diberikan kementerian kesehatan 28.000 telah dicapai bahkan sudah lebih karena per 30 Agustus 2021 warga yang divaksin itu sudah 31.248 jadi untuk program 100 hari Bupati dan wakil Bupati soal penanganan covid 19 untuk vaksinasi warga telah tercapai namun kementerian Kesehatan kembali berikan target lagi yakni 188.744 sehingga presentasi hingga per 30 Agustus baru capai 16.55 persen,” tuturnya.

Husen Alhadar juga mengatakan, untuk dikalangan Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kabupaten Halmahera Selatan yang divaksin sudah mencapai 80 persen lebih, tinggal ASN yang memiliki penyakit bawaan yang hingga saat ini tidak dapat divaksin “target kedua yang diberikan kementerian Kesehatan ini mengalami kenaikan besar untuk wilayah Maluku Utara itu Halmahera Selatan, karena selain jumlah penduduknya banyak, kenaikan ini juga sasaran vaksin juga untuk usia 12 tahun ke atas,” jelasnya.

Disisi lain, mantan ketua KNPI Kabupaten Halmahera Selatan ini juga menghimbau kepada warga Kabupaten Halmahera Selatan agar dapat melakukan vaksin di Puskesmas puskesmas terdekat karena vaksin ini dijamin aman dan halal untuk membantu mencegah kesehatan kita semua “vaksin ini aman dan halal jadi diharapkan kepada warga dapat melakukan vaksin tanpa harus takut, vaksin ini untuk membantu pemerintah memberantas covid 19 di wilayah Halmahera Selatan,” himbaunya.

Data yang diperoleh yakin jumlah penduduk Halmahera Selatan sebanyak 253.952, targetkan yang diberikan pemerintah untuk warga yang di vaksin sebanyak 188.744. Untuk presentase per puskesmas yang melakukan vaksin warga terbanyak adalah adalah puskesmas Laiwui yakni 10.446 orang, hal ini dikarenakan ada perusahaan tambang di wilayah kecamatan Laiwui. Selanjutnya puskesmas Labuha sebanyak 6.621 warga, selanjutnya puskesmas Babang sebanyak 1.971 warga dan Puskesmas Gandasuli sebanyak 1.537 warga. Sementara puskesmas paling sedikit yang melakukan vaksin ada puskesmas Gane Luar hanya 71 warga yang vaksin, disusul Puskesmas Bisui hanya 174 warga yang divaksin dan selanjutnya adalah puskesmas Yaba hanya 175 warga. Selanjutnya puskesmas lainnya baru diangka 200, 300, 400 dan 500 warga yang melakukan vaksin. (Tox).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *