Bimtek Pengembangan dan Pemberdayaan Bumdes, Faris : Bumdes Seharusnya Jadi Garda Depan Kesejahteraan Masyarakat

HEADLINE605 Dilihat

BACAN, Rakyatkini.com – Untuk memaksimalkan peran Badan Usaha Desa (Bumdes) untuk kesejahteraan masyarakat, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Halmahera Selatan kembali menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) bagi desa Pengelola Bumdes.

Kegiatan Bimtek yang dilaksanakan pada kamis (13/4) berlangsung di aula Palm Hotel Pujasera dan dibuka oleh kepala Dinas PMD Halmahera Selatan Faris Hi Madan. Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengembangan dan Pemberdayaan Bumdes dengan tema “Desa Seharusnya Sejatera “Desa desa yang ada potensi wisata itu kedepannya dikelola dengan benar oleh Bumdes, seperti Tawa dan beberapa desa lainnya,” kata Faris dalam sambutannya.
Faris Hi Madan juga mengatakan, setelah covid 19, negara fokus pada pemulihan ekonomi masyarakat jadi Bumdes juga menjadi garda terdepan untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat dan Bumdes juga harus menjadi lembaga yang mandiri, memang awalnya penyertaan modal dari dana desa tapi tahun berikutnya itu sudah mandiri “Bagi yang sudah punya Bumdes, yang sudah memiliki badan hukum agar berpikir dan bertindak kreatif sehingga Bumdes itu berjalan baik,” tutur Faris yang juga mantan anggota KPU Halmahera Selatan itu.
Faris juga menekankan kepada kepala kepala kepala desa yang ada di Halmahera Selatan agar dalam mengangkat pengurus Bumdes jangan hanya mengangkat karena untuk memenuhi administrasi namun orang yang betul betul berkualitas sehingga Bumdes itu menjadi lembaga yang ada manfaatnya bagi masyarakat “Fokus dana desa itu, digulirkan untuk kepentingan kesejahteraan masyarakat dan perkembangan desa di Halmahera Selatan jadi Bumdes juga harus kreatif,” pungkasnya.
Kegiatan Bimtek Pengembangan dan Pemberdayaan Bumdes ini setelah dibuka oleh kepala dinas PMD Halsel, dilanjutkan dengan pemateri dari praktisi pemberdayaan masyarakat desa Maluku Utara Subhan Somola dan dipandu langsung oleh kepala bidang Kabid Pemberdayaan Ekonomi DPMD Halsel M Zaki Wahab. (Red).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *