Bupati di Minta Pecat Kades Bobane Dano

HEADLINE506 Dilihat

HALBAR, Rakyatkini.com- Sejumlah masyarakat Desa Bobane Dano Kecamatan Jailolo Selatan, Kabupaten Halmahera Barat (Halbar) kembali melakukan aksi unjuk rasa di depan kantor Bupati Halbar, Senin (26/4).

Aksi unjuk rasa masyarakat Desa Bobane Dano itu mendesak Bupati James Uang secepatnya memeberhentikan kepala Desa Bobane Dano Selbum Babua. Serta meminta Kejaksaan Negeri Halbar secepatnya menindak lanjuti kasus Bobane Dano ke pegadilan.

Kordinator lapangan (Korlap) Selti katemung dalam orasinya menyatakan, masyarakat Desa Bobane Dano pada bulan Desember tahun 2019 sampai 2021 telah mencapai satu tahun lebih bahkan hampir dua tahun hanya untuk menuntut keadilan dan kesejahteraan. Namun, sampai saat ini Pemerintah Daerah bahkan Kejaksaan Negeri Halbar dengan sengaja meligitimasi kejahatan yang dilakukan oleh kepala Desa Bobane Dano.

“Sampai sejauh ini tidak ada langkah progres dari Pemerintah Daerah untuk mengususut tuntas masalah korupsi yang dilakukan oleh kepala Desa Bobane Dano,”ungkapnya.

Ia juga mengatakan, Kepala Desa Bobane Dano yakni Selbum Babua telah menyalagunakan kekuasaan atau jabatan demi menggeruk keuntungan pribadi, sehingga Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) di tahun 2017 tidak lagi mengarah kepada pembangunan desa dan masyarakat desa.

“Hal ini Kepala Desa telah melakukan tindakan yang merugikan keuangan negara sebesar Rp. 164.683.689.00 dan menyusahkan masyarakat desa secara umum,”jelasnya.

Selti bilang, berdasarkan kasus itu kepala Desa Bobane Dano telah melakukan suatu tindak pidana korupsi sesuai yang telah tercantumkan dalam UU No 13 tahun 1999 tentang tindak pidana korupsi.

“Untuk itu, kami masyarakat Desa Bobane Dano meminta pemerintah daerah dalam hal ini Bupati secepatnya memecat kepala Desa Bobane Dano Selbum Babua,”cetusnya (red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *