Bupati James Bagikan 2000 Al Qur’an Kepada LPTQ Se-Halbar

HEADLINE619 Dilihat

 

HALBAR, Rakyatkini.com- Bupati Halmaher Barat, James Uang secara simbolis membagikan 2000 Al Qur’an kepada Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Se- Kabupaten Halmahera Barat (Halbar). Pembagian 2000 Al Qur’an ini di selenggarakan langsung oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Halbar melalui kegiatan Kesbang menyapa. Kegiatan ini dipusatkan di desa Sidangoli Gam, Kecamatan Jailolo Selatan Rabu, (2/6/2021).

Bupati Halmahera Barat James Uang dikesempatan itu mengatakan, membaca dan menghayati kitab suci itu penting, karna berisikan pedomana bagi umat beragama. Oleh sebab, Kegiatan yang digagas oleh kesbangpol Halbar Ini perlu dilakukan karena bisa meningkatkan SDM di kabupaten Halmahera Barat, melalui literasi Alquran.

“Kegiatan ini menjadi langka awal mengerakan orang untuk membaca alquran,”katanya, James.

Lanjut Bupati, Pemkab Halbar juga menyiapkan insentif bagi para guru ngaji di kabupaten halmahera barat.

“Untuk Insentif guru ngaji bakal kami anggarkan di ABPD Tahun 2022,”tegasnya.

Sementara itu Sekteraris Daerah(Sekda)Halbar Syahril Abd Radjak mengungkapkan, Selaku ketua LTPQ Halbar, menyambut baik program yang di canangkan bupati yang dijalankan oleh Kesbangpol Halbar.

“Kami sangat menyambut baik kegiatan ini, semoga kegiatan ini terus dilaksanakan sehingga dapat mendorong kemajuan para generasi penerus untuk lebih giat membaca, memahami isi dan kandungan alquran,”cetusnya.

Dikesempatan itu juga Kepala Badan(Kaban) Kesbangpol Halbar, M.Sarif Ali, kepada media ini menegaskan, tujuan kegiatan Kesbang menyapa ini agar bagaimana mendekatkan pemerintah dengan masyarakat, ini merupakan program rutin dari Pemda yang dimotori oleh Kesbangpol Halbar.

“Kegiatan ini dilakukan disetiap tahun, Kegiatan kali ini berbeda dengan tahun kemarin, kali ini kita lebih fokus pemberian alquran kepada LTPQ se-Halbar,”ujar, Sarif.

Lanjut Syarif, kegiatan ini juga menangkal radikalisme yang kian berkembang dan juga bagaimana upaya membangkitkan budaya literasi Alquran dihalbar,”ungkapnya.

“Harapan dari kita di Kesbang, selaku inisiator dari kegiatan, bahwa kedepan itu harus ada peningkatan sumber daya manusia(SDM) di tingkat literasi Alquran sehingg program literasi bisa berjalan dengan baik,”tandasnya.

Selain Alquran, Kata Mantan Kabag Humas Halbar itu, juga akan dilakukan pemberian Alqitab kepada kaum Nasrani dan itu dilaksanakan pada bulan Desember mendatang.

Sementara Camat Jailolo Selatan(Jalsel)Fahmi Hi Anhar, S.ip. menyampaikan, ucapan terima kasih dari masyarakat Jailolo Selatan kepada Bupati dan Wakil Bupati Halbar. Melalui kegiatan kesbang menyapa dan pemberian 2000 buah Alqur,an di tempat pengajian yang ada di Halmahera Barat dan khususnya di Jailolo Selatan.

“Kegiatan ini baru pertama kali dilakukan oleh Pemerintahan Halbar melalui pembagian alquran, semoga kegiatan ini menambah semagat bagi generasi muda dalam bidang pengembagan nilai keagamaan,”tambahnya. (red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *