Dirjen Kemendagri Berikan Materi Sosialisasi Pedoman Teknis Pengelolaan Keuangan Daerah Dilingkup Pemkab Halbar

HEADLINE425 Dilihat

HALBAR, Rakyatkini.com- Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Keuangan Daerah RI Dr. Drs. Agus Fatoni, M.Si mengunjungi Kabupaten Halmahera Barat, Kamis (22/12/2022).

Kedatangan Dirjen Bina Keuangan Daerah Ri itu, didampingi langsung oleh Plh Direktur Perencanaan Anggaran Daerah Direktorat Jendral Bina Keuangan Daerah Kementerian Dalam Negeri Muhamad Valiandra, SE, dan Plt. Direktur Pelaksanaan Pertanggungjawaban Keuangan Daerah Direktorat Jendral Bina Keuangan Daerah Kementerian Dalam Negeri, Rikie, S.STP., M.Si dalam rangkan untuk mensosialisasi Permendagri nomor 77 tahun 2020 tentang pedoman teknis pengelola keuangan daerah, yang di pusatkan di Aula Baekole Kantor Bupati.

Dirjen Bina Keuangan Daerah Agus Fatoni mengatakan, kedatangan pihaknya Halmahera Barat adalah untuk melakukan sosialisasi pengelolaan keuangan daerah, dan tujuannya untuk memberikan pemahaman terhadapan peraturan perundang-undangan di bidang keuangan daerah.

“Jadi kedatangan kami di halbar bukan hanya mensosialisai pengelolaan keuangan daerah, bahkan kami juga mensosialisasikan kebijakan-kebijakan terkait dengan pengelolaan keuangan daerah dan juga meningkatakan kapasitas di bidang pengelolaan keuangan daerah,”jelas Agus Fatomi saat dikonfirmasi sejumlah media, Kamis (22/12/2022).

Lanjut Agus Fatomi, setelah sosialisasi semua ini dilakukan, pihaknya berharap tata kelola keuangan di Kabupaten Halmahera Barat diharapkan akan semakin baik, dan itu salah satu kunci menuju sukses pengelolaan keuangan daerah.

“Tata kelola keuangan sangat penting karena uang itu harus keluar dengan baik. Baik dengan sisi pendapatan maupun dari sisi belanjanya, termasuk didalamnya adalah terkait dengan adimistrasi pertanggung jawabannya, semisalnya tidak benar pertanggung jawabnya bisa jadi problem, kalau juga tidak tepat sasaran itu juga jadi masalah,”ungkapnya.

Agus juga berharap dengan adanya kegiatan ini, kapasitas SDM di Halmahera Barat semakin meningkat. Ia juga berikan apresiasi kepada kabupaten Halmahera Barat karena begitu semangat meningkatkan SDM di bidang pengelolaan keuangan daerah.

“SDM salah satu kunci keberhasilan pemda selain dana. Dana penting SDM juga penting. Bahkan dengan SDM yang berkualitas tanpa dana pun bisa berbuat. Bahkan dengan SDM berkualitas dapat dilakukan inovasi inovasi dalam persoalan yang ada, sihingga tidak selalu tergantung dari dana,”pungkasnya.

Turut hadir dalam kegiatan Sosialisasi tersebut, Bupati Halmahera Barat James Uang, Wakil Bupati Halmahera Barat Djufri Muhamad, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah Chuzaema Djauhar, Wakil Ketua DPRD Halbar Robinson Missy para SKPD dilingkup pemkab halbar dan juga Camat se-kabupaten Halmahera Barat. (red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *