Ditunda, Festival Marabose Dilaksanakan 8 – 12 Agustus, Ali Hasan : Target FM Masuk Agenda Nasional

HEADLINE791 Dilihat
BACAN, RAKYATKINI.COM – Pemerintah Kabupaten Halmahera Selatan menunda pelaksanaan Festival Marabose, seyogyanya dilaksanakan pada 3 – 8 Juli 2023 ditunda hingga 8 – 12 Agustus 2023, hal ini disampaikan langsung oleh kepala dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Halmahera Selatan Ali Dano Hasan kepada wartawan melalui konferensi pers pada senin (26/6).
Ali Hasan dalam penyampaian mengatakan, pelaksanaan ivent Festival Marabose ini seyogyanya dilaksanakan pada 3 Agustus namun menyangkut dengan hal teknis sehingga pelaksanaan Festival Marabose ditunda pelaksanaannya hingga pada 8 Agustus 2023 “Waktu dan tempat pelaksanaan adalah pada 8 – 12 agustus tahun 2023 yang berlokasi di Lapangan Asombang Labuha Halmahera Selatan dengan mengusung tema Marabose Festival (MF) Tahun 2023 “Traces Of Beauty and Cultural In The Land Of Paradise (Jejak Keindahan dan Kejayaan Budaya di Tanah Surga) dan Branding Marabose (MF) adalah Reborn, Risen and Shining (Terlahir Kembali, Bangkit dan Bersinar)”,” katanya.
Tujuan dari pelaksanaan Marabose Festival tahun 2023, adalah untuk memberikan informasi sejarah dan edukasi sejarah, budaya, kuliner nusantara maupun maritim dan sebagai media promosi pariwisata, budaya dan pengembangan ekonomi kreatif melalui pagelaran budaya dan adat istiadat dalam bentuk napak tilas, seni budaya serta kebersamaan dan kreatifitas generasi muda Halmahera Selatan “Festival Marabose ini dengan sejumlah rangkaian kegiatan diantaranya Launching, Open dan Clossing Ceremony, Napak Tilas, Kirab Budaya Saruma, Halsel Expo 2023, Expo Kuliner Khas Daerah, Lomba Pentas Seni, Bacan Fashion Carnaval, Fun Dive Tawale dan Manta Point, Lomba Perahu Hias dan Mancing Tradisional, Kolaborasi Tarian dan Marabose Festival (MF) 2023 juga akan dimeriahkan oleh artis ibukota pada Clossing Ceromony,” ucap Ali Hasan dalam keterangan persnya.
Sekedar diketahui, Festival Marabose atau Marabose Festival adalah sebuah festival yang digagas oleh Kesultanan Bacan dan Pemerintah Kab. Halmahera Selatan untuk menghidupkan kembali ingatan generasi masyarakat adat Halmahera Selatan tentang sebuah sejarah besar atas hijrahnya Sultan Muhammad Al Baakir dan Boki Tupowo serta sebagian perangkat adat dari Negeri Dauri Tahane Limau Sigara Dolik Mara Kie Besi Makeang melalui perjalanan kemaritiman. Selain itu Festival ini  juga mengajak pengunjung atau wisatawan untuk lebih mengenal Halmahera Selatan dari sisi sejarah, budaya, pariwisata dan ekonomi kreatif. Marabose Festival di tahun 2023 merupakan festival yang diselenggarakan untuk kedua kalinya setelah dilaksanakan yang pertama kalinya pada tahun 2022.
Segala bentuk persiapan yang sudah laksanakan untuk menyukseskan event Marabose Festival (MF) Tahun 2023, adalah Untuk pra event telah dilaksanakan pengembilan video dukungan untuk promosi oleh media nasional yaitu Kompas TV dan I News dengan lokasi di pulau widi, tawale, kepulauan guraici, spot tanjung gorango, air panas kapita lau Desa Tawa, Kadatong Kesultanan Bacan, para pelaku ekonomi kreatif, seperti Batik Citra Bacan, Kamplang Bajo, Kopi Bacan, Batu Bacan.
Melalui ivent Festival Marabose ini mengajak seluruh masyarakat Halmahera Selatan untuk menikmati seluruh rangkaian kegiatan Marabose Festival dan mengajak wisatawan nusantara serta wisatawan manca negara untuk berkunjung ke Halmahera Selatan  sebagai peningkatan PAD terutama untuk peningkatan ekonomi daerah melalui hasil karya ekonomi kreatif yang berbasis lokal. Harapan kami dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan semoga pelaksanaan Marabose Festival Tahun 2023 bisa menjadi nominasi dan masuk pada agenda nasional melalui Kharisma Event Nusantara yang dilaksanakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. (Red).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *