FGD Sistem Dokumen dan Administrasi Terintegrasi (SIDAGI) Sukses Dilaksanakan

HEADLINE541 Dilihat

HALBAR, Rakyatkini.com- Reformer Sonya Mail menggelar Forum Group Discussion (FGD) terkait aksi perubahan Sistem Dokumen dan Administrasi Terintegrasi (SIDAGI) di Aula Baikole kantor Bupati Halbar, Selasa (5/9).

Aksi ini diusung dengan keinginan tertatanya dokumen dan administrasi secara baik di Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) dan OPD lainnya di Pemkab Halbar.

Dikatakan Sonya, Aplikasi SIDAGI ini akan memudahkan OPD, masyarakat dan lembaga lainnya yang membutuhkan dokumen dan administrasi pemerintahan dapat ditemukan dengan mudah.
“Tujuan aksi ini, untuk jangka pendek adalah terbentuknya tim efektif SIDAGI, tertatanya dokumen keuangan dan tata persuratan yang baik dengan aplikasi SIDAGI serta tersedianya Perbup tentang penataan persuratan dan dokumen keuangan di Halmahera Barat” ungkapnya.

Lanjut Sonya, Sementara jangka menengah, yakni terakomodasinya anggaran pada tahun berikutnya untuk pengembangan jaringan bagi OPD yang belum tersambung jaringan hotspot, optimalisasi pelaksanaan pengawasan dan monitoring pelayanan surat elektronik dan dokumentasi elektronik, serta tersedianya dokumen evaluasi proyek perubahan jangka pendek serta rencana penyempurnaannya untuk jangka panjang.

Sementara itu, target jangka panjangnya adalah, mewujudkan alur distribusi surat yang rapi antar OPD dan stakeholder serta menata kearsipan yang aman dan terkendali, meningkatkan kualitas pelayanan melalui penataan administrasi surat-menyurat serta pendokumentasiannya. Mewujudkan transparansi dan akuntabilitas publik dalam pelayanan informasi kepada stakeholder dan masyarakat, mewujudkan e-government dengan penerapan teknologi informasi dan komunikasi serta mempercepat pelayanan informasi kepada masyarakat dan instansi/lembaga dalam mewujudkan pelayanan publik yang akuntabel dan transparan.

Untuk manfaatnya kata Sonya, khusus instansi adalah, tercapainya salah satu indikator kinerja pada BPKD, tercapainya sistem dokumen dan administrasi yang terintegrasi, terlaksananya surat menyurat elektronik, terdokumentasinya data/dokumen terpusat, lengkap dan aman. Sementara manfaat untuk pemda adalah, memudahkan pemerintah daerah dalam mengakses surat atau dokumen, meminimalisir pengeluaran pemerintah daerah dalam mengalokasikan anggaran ATK dan moubeler, sebagai salah satu indikator keberhasilan pemerintah daerah dalam mewujudkan e-government. Mengoptimalkan pelaksanaan pengawasan dan monitoring pelayanan surat elektronik dan dokumentasi elektronik. Sementara manfaatnya untuk masyarakat dan lembaga lainnya, yakni memperoleh kualitas layanan yang mudah, cepat dan transparan, mendapatkan informasi yang cepat dan akuntabel serta menumbuhkan kepercayaan masyarakat dan lembaga lainnya akan peningkatan mutu layanan yang cepat dan tepat.
Ruang lingkup aksi perubahan meliputi, pengadministrasian surat menyurat dan dokumentasi surat menyurat, pembuatan desain alur data surat elektronik serta pelaksanaan tes koneksi aplikasi SIDAGI di BPKD dan OPD lainnya di lingkup Pemkab Halbar. Diketahui, FGD ini dibuka Wakil Bupati Djufri Muhammad yang dihadiri Kepala Bapenda Chuzaemah Djauhar serta pimpinan OPD lainnya. (red/adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *