Gelar Konsultasi Publik RKPD, Ini Prioritas Pembangunan Daerah Tahun 2024 Pemkab Halmahera Selatan

HEADLINE571 Dilihat
BACAN, Rakyatkini.com – Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Kabupaten Halmahera Selatan pada Kamis 9 Februari 2023 diaula kantor Bappelitbangda diselenggarakan kegiatan Konsultasi Publik Penyusunan Rancangan Awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2024.
Penyelenggaraan konsultasi publik ini merupakan tindaklanjut pelaksanaan ketentuan Pasal 80 Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 86 Tahun 2017  tentang Tata Cara Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Daerah, Tata Cara Evaluasi Rancangan Peraturan Daerah tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah dan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah, serta Tata Cara Perubahan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah, Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah, dan Rencana Kerja Pemerintah Daerah.
Menurut ketua Panitia kegiatan Konsultasi Publik, Irwan Hi Mustafa mengatakan, Konsultasi Publik  ini diselenggarakan untuk meminta saran saran dan masukan dari stakeholders dalam rangka penyempurnaan substansi Rancangan Awal RKPD Tahun 2024. Turut hadir dalam pimpinan SKPD, instansi vertikal, organisasi Pemuda dan OKP Cipayung dan dibuka oleh Asisten I bidang Pemerintahan Setda Halmahera Selatan Dr Mustafa A Ruhama mewakili Bupati Halsel Hi Usman Sidik. Kegiatan Konsultasi publik ini dengan tema “Meningkatkan Kualitas dan Daya Saing Sumber Daya Manusia, Ekonomi, dan Infrastruktur untuk Mewujudkan Masyarakat Halmahera Selatan yang Unggul, Sejaterah dan Maju” paparnya.
Sementara itu, Zarnawi Sangadji, SE., M.Ec.Dev.
Tim Penyusun RKPD 2024 menguraikan hasil Konsultasi Publik yakni melalui konsultasi Publik ini, telah dibahas dan disepakati Tema RKPD Kabupaten Halmahera Selatan Tahun 2024 dan telah dibahas dan disepakati juga Prioritas Pembangunan Daerah Tahun 2024 diantaranya.
1. Meningkatkan Pelayanan Kesehatan dan Pendidikan Dasar yang Berkualitas untuk Menciptakan SDM Halmahera Selatan yang Handal;
2. Mengembangkan UMKM dan Sektor Ekonomi Lainnya untuk Kemandirian Daerah yang Berdaya Saing;
3. Meningkatkan Pembangunan Pedesaan untuk Mewujudkan Pemerataan Pembangunan;
4. Mengembangkan dan Memantapkan Ketersediaan Infrastruktur Dasar Perkotaan Labuha sebagai Pusat Ibu Kota Kabupaten Halmahera Selatan;
5. Membangun dan Mengembangkan Sektor Pariwisata dan Kebudayaan sesuai Potensi dan Karakteristik Halmahera Selatan;
6. Merevitalisasi dan Mengembangkan Kawasan Transmigrasi Existing Nusliku-Gane dan membangun Kawasan Transmigrasi Baru Kusubibi-Jojame sebagai Lumbung Pangan Kabupaten Halmahera Selatan;
7. Mendukung Percepatan Pembangunan Kawasan Industri Pulau Obi untuk Meningkatkan Nilai Tambah Sektor Pertambangan;
8. Mewujudkan Kelestarian Lingkungan Hidup untuk Mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals);
9. Meningkatkan Ketentraman dan Ketertiban Umum untuk Menyukseskan Penyelenggaraan Pemilu 2024; dan
10. Reformasi Birokrasi untuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik.
Penyelenggaraan KP pada hari ini untuk memastikan Kebijakan Pengembangan Wilayah Terpadu yang telah ditetapkan dalam RPJMD Kabupaten Halmahera Selatan Tahun 2021-2026 terus dilaksanakan secara konsisten oleh Perangkat Daerah sesuai kewenangannya dalam penyusunan Rancangan Awal Rencana Kerja Perangkat Daerah (Ranwal Renja PD) tahun 2024 untuk mewujudkan Visi Bapak Bupati dan Wakil Bupati Halmahera Selatan Tahun 2021-2026, yaitu:  “Bersatu Mengembalikan Senyum Halmahera Selatan Yang Lebih Baik, Beradab dan Penuh Berkah“.
Kebijakan Pengembangan Wilayah Terpadu dimaksud adalah:
1) Pengembangan PKW Kawasan Perkotaan Labuha seluas ± 5.969,67 Hektar dengan konsep SMART CITY (Kota Cerdas);
2) Pengembangan Pulau Obi untuk Mendukung Kawasan PSN (Proyek Strategis Nasional) dalam Pembangunan Industri Pengolahan Nikel dan Logam Dasar di Pulau Obi; dan
3) Pengembangan Kawasan Transmigrasi Gane Timur Seluas ± 5.517,19 Hektar sebagai Lumbung Pangan Halmahera Selatan;
Selain itu, KP ini diselenggarakan untuk memastikan lima Program Strategis Pembangunan Daerah dalam RPJMD Tahun 2021-2026 juga dilaksanakan secara konsisten oleh Perangkat Daerah sesuai kewenangannya dalam penyusunan Ranwal Renja PD  tahun 2024. Kelima program strategis dimaksud adalah:
1).  Program Senyum Saruma;
2).  Program Senyum Prima;
3).  Program Senyum Unggul;
3).  Program Senyum Sejahtera;
4).  Program Senyum Maju; dan
5).  Program Senyum Beradab;
Untuk melaksanakan prioritas pembangunan tersebut di atas, maka pagu indikatif pada Ranwal RKPD tahun 2024 dirancang sebesar Rp1.144.249.639.681,00 yang masih mengacu pada APBD Tahun 2023. Pagu indikatif tersebut untuk membiayai pelaksanaan 295 program yang tersebar di seluruh Perangkat Daerah dilingkup Pemerintah Kabupaten Halmahera Selatan.
Zarnawi Sangaji mengatakan, hasil pembahasan pada Konsultasi Publik ini dituangkan dalam Berita Acara Kesepakatan dan ditandatangani oleh perwakilan stakeholders yang hadir. Hasil Konsultasi Publik hari ini menjadi acuan Bappelitbangda untuk menyempurnakan substansi Rancangan Awal RKPD 2024 dan selanjutnya, Bappelitbangda akan menyiapkan Surat Edaran Bapak Bupati Halmahera Selatan tentang Penyusunan Rancangan Awal Rencana Kerja Perangkat Daerah (Renja PD) Tahun 2024.
“Insha Allah, Kami akan menyampaikan surat edaran tersebut kepada seluruh Perangkat Daerah paling lambat hari senin, 13 Februari 2023. Surat edaran ini menjadi pedoman bagi Kepala Perangkat Daerah untuk menyusun Rancangan Awal Rencana Kerja  Perangkat Daerah (Ranwal Renja PD) Tahun 2024,” pungkasnya. (Red).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *