Lantik HIPMA – Halsel se-Jabodetabek, Begini Pesan Bupati Usman Sidik Buat Generasi Muda Halmahera Selatan

HEADLINE609 Dilihat
JAKARTA, Rakyatkini.com – Bupati Halmahera Selatan H Usman Sidik resmi melantik pengurusan Himpunan Pelajar Mahasiswa Halmahera Selatan (HIPMA-Halsel) se-Jabodetabek periode 2023-2025 di Jakarta pada minggu 19 maret tadi. Dalam acara pelantikan ini Bupati Usman Sidik memberikan sejumlah pesan kepada generasi muda Halmahera Selatan ini.
Bupati H Usman Sidik dalam sambutannya menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas semangat dan antusias dalam mempersiapkan acara yang luar biasa ini sebagai sebuah forum silaturahmi antara mahasiswa di wilayah Jabodetabek dengan Pemda Halmahera Selatan dan patut berbangga sebagai sebuah wilayah terbesar di Provinsi Maluku Utara, karena sepertiga luas wilayah Maluku Utara merupakan wilayah administrasi Kabupaten Halmahera Selatan.
“Potensi besar ini seyogyanya dapat dimanfaatkan oleh Mahasiswa sebagai generasi muda untuk aktor pembangunan Halmahera Selatan dan terkhususnya yang menimba ilmu di Jakarta, para mahasiswa harus memiliki mindset, percaya diri, memliki visi yang luas serta kreativitas yang kuat untuk menguasai ilmu pengetahuan teknologi guna menciptakan kemakmuran, kemajuan peradaban agar Halmahera Selatan menjadi kabupaten yang disegani dan diperhitungkan di mata dunia melalui kontrubisi para mahasiswa,” paparnya.
Menurut mantan Kontributor RCTI Maluku Utara ini bahawa sebagai carminan dari daerah satu hal yang harus dijunjung adalah menjaga nama baik Kabupaten selama menimba ilmu di perantuan, harus menjadi mahasiswa bukanlah hal yang mudah, karena dituntut memberikan kontribusi terhadap masyarakat demi menjadikan negara indonesia yang lebih maju dengan berbagai peran. Bahkan sebagai agen perubahan dan pengontrol sosial. “Sebagai agen perubahan jangan tanyakan apa yang diberikan negeri ini kepada kita, tetapi tanyakan apa yang kita berikan kepada negeri ini,” ujar Bupati Usman Sidik.
Tidak hanya itu kata Bupati H Usman Sidik juga mengingatkan terkait dengan peran mahasiswa adalah menjadi pengontrol sosial di masyarakat. Sebab kritik yang bersifat membangun sangat diperlukan oleh Pemerintah Daerah demi majunya Kabupeten Halmahera Selatan “Jangan pernah takut untuk mencoba,dan jangan pernah letih dalam belajar, karena ditangan mahasiswa adalah masa depan Halmahera Selatan di Pertaruhkan,” ungkap Bupati Usman Sidik dihadapan para pengurus HIPMA.
Bupati juga menyampaikan bahwa Halmahera Selatan tengah gencar kepariwisataan daerah, menata wajah ibu kota dengan tiga icon yang sebagain telah diresmikan, pertama zero point dengan burung bidadarinya, Papaloang Part, dan UMKM milenial sebagai tools pembangunan daerah terutama dalam sektor pendapatan, Pertumbuhan ekonomi dan pengentasan rakyat dari kemiskinan. Sementara pembangunan lainya sesuai dengan potensi-potensi yang ada.
“Pemerintah daerah juga mendorong pemerataan pembangunan sampai ke desa-desa, hal itu agar tidak ada lagi istilah desa tertinggal. Olehnya itu, diharapkan mahasiswa yang terhimpun dalam HIPMA juga ambil bagian dalam pembangunan jika nantinya kembali ke Halmahera Selatan. Membangun Halsel tidak bisa hanya diselesaikan oleh Pemerintah Daerah, tetapi memerlukan dukungan dari masyarakat terutama para mahasiswa,” ucap Bupati Usman Sidik.
Sementara itu, Para Pengurus HIPMA Periode 2023-2025 menyampaikan apresiasi dan penghormatan yang setinggi-tingginya kepada Bupati Usman Sidik, karena menjadi Bupati pertama yang memberikan perhatian dan kepedulian nyata terhadap para himpunan mahasiswa. kedatangan Bupati Usman Sidik adalah bentuk komitmen dalam memperhatikan pendidikan sebagai program prioritas.
“Kurang lebih 15 tahun mahasiswa terkhusus dari Halmahera Selatan sangat merindukan sosok pemimpin seperti Usman Sidik. Sebab, merangkul para mahasiswa secara langsung melalui akomodasi fasilitas sekretariat serta program beasiswa yang mulai di jalankan secara terintegrasi pada sistem, Bagi kami bapak Usman Sidik tidak hanya mampu menarasikan janji politik, namun juga menunjukkan kualitas terbaik di kepemimpinannya,” pungkasnya. (Red).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *