Loteng Resmi Ditetapkan Kecamatan Baru

HEADLINE613 Dilihat

HALBAR, Rakyatkini.com– Kabupaten Halmahera Barat (Halbar), resmi memiliki satu tambahan Kecamatan. Sebelumnya Kabupaten Halbar hanya memiliki 8 Kecamatan dan 169 Desa, kini Kabupaten Halbar sudah resmi memiliki 9 Kecamatan, setelah Loloda Tengah (Loteng) ditetapkan sebagai Kecamatan baru berpisah dari Kecamatan Loloda induk.

Peresmian Loteng sebagai Kecamatan itu, ditandai dengan peletakan batu pertama Kantor Camat Loloda Tengah, sekaligus Pelantikan Camat, Ketua TP. PKK dan pelantikan Pejabat Penata III.c dan III.b di Desa Barataku, Rabu (14/7/2021).

Kegiatan tersebut dihadiri ForkopimdaH almahera Barat, Ketua TP.PKK Halbar Meri Popala serta Wakil Ketua Yulianti Muhamad, Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan, Sejumlah SKPD, Kepala Desa se Kecamatan Loloda Tengah, BPD, serta Masyarakat setempat.

Bupati James Uang dalam sambutanya menyatakan, perjuangan pemekaran kecamatan Loloda Tengah pada aspek historisnya kurang lebih selama 17 tahun pergumulan. Itu artinya perjuangan pemekaran ini bukan gampang.

“Oleh karena itu, momentum hari ini sebagai tonggak sejarah baru bagi sudara sudara di Loteng untuk mendeklarasikan diri sebagai kecamatan yang merdeka atau kecamatan yang memekarkan diri dari kecamatan Loloda Selatan, yang hari ini mulai melaksanakan pengurusan sendiri yang lepas dari Loloda Selatan. Dengan diresmikannya kecamatan ini maka seluruh ketentuan konstitusional telah terpenuhi hari ini,”ungkap Bupati James.

Politisi Partai Demokrat ini menambhakan, kode wilayah kcematan loteng telah di keluarkan oleh Kemendagri dan telah ditetapkan ibu kota kecamatan di Desa Barataku

“Maka seluruh persyaratan formil telah terpenuhi hari ini dan resmi sepuluh Desa berdiri sebagai kecamatan Loloda Tengah dengan pusat pemerintahannya di desa Barataku,”jelasnya.

Dikesempatan itu juga, mantan anggota DPRD Halbar ini mengajak kepada seluruh masyarakat Kecamatan Loteng jangan ada lagi perbedaan pandangan politik. Karena pilaka telah usai dan James Uang dan Djufri Muhamad adalah Bupati dan Wakil Bupati Halbar yang telah dilantik.

“Hari ini baru saya hadir di sini, karena itu saya harus mengajak kepada bapak ibu semua bahwa perbedaan pilihan politik pada 9 Desember yang lalu segera kita tinggalkan bersama-sama. Jangan lagi ada sekat-sekat dimasyarakat, sekarang wajib hukumnya untuk kita bahu-membahu membangun Halmahera Barat yang kita cintai ini lebih baik ke depan,”cetusnya

Sekeder diketahui, berdasarkan Surat Keputusan (SK) nomor 132/KTSP/VII/2021, Bupati Halbar James Uang melantik Fabianus Atajalim, sebagai Sekretaris Pada Kantor Camat Loloda Tengah sekaligus PLT Camat Loloda Tengah. Malius Walala, dilantik sebagai Kepala Seksi Pemberdayaan Masyarakat Desa pada Kantor Camat Loloda Tengah dan Lalu Yosafat Kotalaha, dilantik sebagi Kepala Seksi Pemerintahan pada Kantor Camat Loloda Tengah. (adv/man)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *