Menata Asset Desa, DPMD Halsel Gelar Bimtek Pengelolaan Asset Desa Bagi Kades

HEADLINE612 Dilihat
BACAN, Rakyatkini.com – Untuk menata aset di seluruh desa se Kabupaten Halmahera Selatan, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) melalui bidang Pengembangan dan Pemberdayaan ekonomi Desa melakukan bimbingan teknis terkait dengan pengelolaan aset desa ditahun 2023.
Kegiatan yang dipusatkan di Pujasera aula palm Hotel tersebut dibuka langsung oleh wakil Bupati Halmahera Selatan Hasan Ali Bassam Kasuba. Hadir dalam kegiatan tersebut yakni kepala dinas DPMD Kabupaten Halsel Faris Hi Madan dan dua narasumber Bimtek dari Universitas Khairun Ternate yakni Klasifikasi aset Desa oleh Kasim sinen, SE, M.Si dan Pengukuran dan Pengungkapan asset desa dalam laporan Keuangan Desa oleh Gregorius Jeandry, SE.,M.Si, Ak.
Kepala DPMD Kabupaten Halmahera Selatan, Faris Hi Madan ketika ditemui disela sela kegiatan mengatakan, kegiatan Bimtek Pengelolaan Asset Desa ini adalah bagian dari penguatan kapasitas aparatur desa terkait tata kelola aset desa “banyak teman teman kades yang baru dilantik beberapa waktu lalu belum memahami benar terkait pengelolaan aset desa, harus dibedakan mana aset desa mana aset pribadi,” tuturnya.
Mantan anggota KPU Halmahera Selatan ini lantas mengatakan, masalah Asset desa ini menjadi hal urgen, buktinya pada saat Pilkades lalu banyak desa yang bermasalah di aset desa ketika dilakukan penyerahan ke BPD jadi bimtek ini adalah Bagian dari hal penting bagi teman teman kades yang baru dilantik “jadi setiap pembelian sesuatu yang menggunakan dana desa wajib dicatat sebagai aset desa,” sebut Faris.
Sementara itu, Kepala Bidang Pengembangan dan Pemberdayaan ekonomi Desa DPMD Halsel Muhammad Zaki mengatakan, kegiatan Bimbingan Teknis pengelolaan Asset desa ini berlangsung selama dua hari dan narasumbernya diundang dari tim pengajar di LP2D Universitas Khairun Ternate, dan untuk kegiatan Bimtek gelombang pertama ini dihadiri oleh 60 kepala desa di kabupaten Halmahera Selatan, pungkasnya. (Red).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *