Mendorong Digitalisasi Sistem Belajar Siswa, Dinas Kominfo Halbar Resmi MoU dengan Ruang Guru

HEADLINE323 Dilihat

HALBAR, Rakyatkini.com – Dalam upaya mendorong digitalisasi sistim belajar mandiri siswa, Dinas Kominfo Statistik dan Persandian Halmahera Barat (Halbar) melakukan Penandatanganan MoU dengan pengembangan aplikasi ruang guru PT. Ruang Raya Indonesia, di ruang rapat Bupati halbar, Kamis (28/7/2022)

Kepala Dinas Kominfo Statistik dan Persandian Halbar, Sahmi Salim mengatakan untuk MoU ini terkait dengan program dinas Kominfo tahun 2022 yaitu Halbar Peduli Digital atau Halbar Digital Care.

” Jadi kegiatannya di tahun ini meliputi penyediaan aplikasi belajar mandiri yang di berikan kepada siswa bersamaan dengan hp android.” Katanya.

Lanjut Sahmi,  aplikasi belajar mandiri dan handphone android akan diberikan kepada para siswa SMA/SMK yang berprestasi tapi secara ekonomi kurang mampu di wilayah Halbar. Sementara tujuan dari program ini adalah mendigitalisasi sistim belajar bagi para siswa serta meretas kesenjangan ekonomi siswa di sekolah antara siswa yang mampu dan kurang mampu secara ekonomi.

” Kerjasama ini selama satu tahun dan Dinas Kominfo membiayai aplikasi ruang guru yang di berikan ke siswa itu selama satu tahun.” Jelasnya

Lanjutnya, program ini kedepan akan menjadi program prioritas Dinas Kominfo selain program penunjang Halbar berdering lainnya.

” Untuk tahun ini sasaran programnya ke siswa, namun kedepan bisa juga sasarannya ke elemen lain dengan sistim aplikasi yang berbeda, ini salah satunya adalah dalam rangka mendigitalisasi kegiatan masyarakat yang memang saat ini berada di era Digital” pungkasnya.

Sekretaris Daerah Kabupaten Halmahera Barat (Halbar), Syahril Abdul Radjak yang hadir mewakili Bupati Halbar James Uang, mengatakan program ini merupakan bagian dari program prioritas Bupati dan Wakil Bupati yakni  halbar berdering, namun juga ada sinkronisasi dengan program halbar cerdas.

Menurutnya, dengan hadirnya ruang guru di Halbar ini adalah salah satu bentuk inovasi dari Dinas Kominfo Statistik dan Persandian yang luar biasa.

” Hal yang dilakukan oleh Dinas Kominfo seharusnya SKPD lain bisa seperti ini.” harapnya.

Syahril juga berharap, kerjasama ini dapat berjalan maksimal sehingga memberikan efek positif bagi para siswa.

Sementara itu Felista Lolorie, Account Manager Ruangguru PT. Ruang Raya Indonesia Wilayah Malut yang hadir mewakili Ruangguru Jakarta mengatakan, kerjasama yang di lakukan oleh Pemda Kabupaten Halmahera Barat dalam hal ini Dinas Kominfo dengan pihaknya adalah kerjasama yang memiliki arti penting bagi pengembangan dunia pendidikan di Halbar karena siswa di berikan kesempatan untuk lebih mandiri menggunakan aplikasi belajar secara digital.

” kami berharap kerjasama ini kedepan dapat berlanjut sehingga tujuan hadirnya ruangguru melalui kerjasama ini dapat betul betul dirasakan manfaatnya oleh para siswa di Halbar” tutupnya. (red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *