Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat, Pemkab Halbar Dukung Program Perhutanan Sosial

HEADLINE330 Dilihat

HALBAR, Rakyatkini.com- Hadirnya Program Perhutanan Sosial di Halmahera Barat ini bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan Masyarakat melalui pola pemberdayaan dan tetap berpedoman pada aspek kelestarian.

“Program Perhutanan sosial sangat membuka kespatan bagi masyarakat di sekitar hutan untuk mengajukan hak pengelolaan area hutan kepada pemerintah, setelah disetujui barulah masyarakat dapat dapat mengelola hutan tersebut.” Ungkap Sekretaris Daerah (Sekda) Halbar Syahril Adul Rajak pada pertemuan Penguatan Perhutanan Sosial dan Couching Clinic Jareng Jebol Percepatan Pemberian Akses Perhutanan Sosial. Pertemuan ini berlangsung di Aula Bidadari Kantor Bupati Halbar Jumat (20/07).

Dikatakan Sekda, Hadirnya proyek Strengthening Of Social Forestry (SSF) ini akan menjadi solusi terhadap penyelesaian konflik tenurial yang mencakup percepatan pemberian akses legal pengelolaan perhutanan sosial serta penguatan kapasitas dan kualitas seluruh perhutanan sosial yang sudah ada di wilayah Kabupaten atau kota yang menjadi sasaran proyek SSF.

” Melalui kegiatan ini SSF ini, diharapkan akan terjadi percepatan pembangunan perhutanan sosial di Provinsi Maluku Utara, khususnya di Kabupaten Halmahera Barat yang menjadi sasaran proyek ini.” Tutur Sekda

Sekali lagi selaku Pemerintah Daerah Kabupaten Halmahera Barat mengucapkan terima kasih kepada Direktur Jendral Perhutanan Sosial dan Kemitraan Lingkungan (KLHK) melalui Balai Perhutanan
Sosial dan Kemitraan Lingkungan Wilayah Maluku- Papua yang telah memilih Halmahera Barat sebagai Salah Satu lokasi Proyek penguatan perhutanan sosial (SSF).

” kami juga bertekad akan menjadikan Halmahera Barat menjadi salah satu kabupaten di Provinsi Malut sebagai pelopor di dalam implementasi spirit perhutanan Sosial di Indonesia dengan cara-cara yang ramah lingkungan.” Tutup Sekda. (man)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *