Menyambut Maulid Nabi Muhammad SAW, Remaja Mesjid Yusma Algafilun Gelar Lomba Keagamaan

HEADLINE1111 Dilihat
BACAN, RAKYATKINI.COM – Menyambut Maulid Nabi Muhammad SAW yang jatuh pada tanggal 28 September 2023, remaja Mesjid Yusma Algafilun desa Marabose kompleks Takapi kecamatan Bacan memperingati dengan menggelar lomba yang dibuka langsung oleh wakil Bupati Halmahera Selatan Hasan Ali Bassam Kasuba pada jumat (23/9).
Kegiatan maulid Nabi Muhammad SAW ini selain dibuka oleh Wakil Bupati Halmahera Selatan Hasan Ali Bassam Kasuba, di hadiri oleh kepala desa Marabose Wusta Soleman, para pemuka agama, anak anak TPQ se desa Marabose. Dalam kegiatan menyambut maulid Nabi Muhammad SAW ini, panitia melombakan 5 jenis mata lomba yang melibatkan 12 Taman Pengajian Quran (TPQ) desa Marabose dan dua TPQ dari desa Wayamiga. Kelima mata Lomba tersebut yakni Ceramah dengan judul Maulid Nabi, Adzan, hafalan ayat ayat pendek atau juz Amma, Tilawah dan Hafalan doa makan dan tidur untuk tingkat PAUD. Kegiatan menyambut maulid Nabi Muhammad SAW ini bertemakan “Menaladani dan meningkatkan cinta kita kepada Rasulullah”.
Penasehat Remaja Mesjid Yusma Algafilun, Hi Halid Hi Yusup dalam silolonya mengatakan, kegiatan menyambut maulid Nabi Muhammad SAW ini tdak ada unsur lain, selain meningkatkan nilai nilai keagamaan untuk anak anak/generasi muda di desa Marabose “Insha Allah kegiatan menyambut maulid Nabi Muhammad SAW ini dilakukan secara rutin setiap tahun karena dalam rangka meningkatkan nilai nilai keagamaan anak anak desa Marabose,” kata Hi Halid dalam silolonya.
Sementara itu, Wakil Bupati Halmahera Selatan Hasan Ali Bassam Kasuba dalam sambutannya mengatakan, memperingati maulid Nabi Muhammad SAW adalah wujud penghormatan kita kepada Nabi Muhammad SAW ajaran Islam yang beliau sampaikan telah menjadi Rahmat seluruh alam bahkan disebuah hadist disebutkan bahwasanya beliau adalah rahmat yang dihadiahkan oleh Allah SWT kepada seluruh alam semesta. “Peringatan menyambut Maulid Nabi Muhammad SAW oleh remaja Mesjid Yusma Algafilun dengan menggelar lomba adalah hal positif untuk membentuk karakter islami anak anak dan generasi muda agar meneladani sosok Nabi Muhammad SAW,” paparnya.
Hasan Ali Bassam Kasuba juga mengajak kaum muslimin, khususnya yang berada di desa Marabose. Marilah jadikan momentum ini, sebagai alaram bagi kitasemua untuk menyadari, ada seribu warisan contoh teladan dari kepribadian dan perjalanan hidup beliau, Rasulullah SAW yang seyogyanya dijadikan pedoman dalam mengisi dan mengatur kehidupan bermasyarakat. Sikap dan perilaku Rasulullah SAW yang tak akan pernah ada habisnya memberi inspirasi bagi kita, agar dapat diimplementasikan dalam tindakan nyata kita dalam kehidupan sehari- hari sebagai wujud Islam yang benar-benar menjadi rahmat bagi semesta alam, ucapnya.
 

Lewat momentum maulid Nabi, mari kita jalin ukhuwah islamiyah melalui suri tauladan baginda Rasulullah SAW, menumbuhkan rasa kasih sayang dan memperat tali persaudaraan, meningkatkan kebersamaan serta kerukunan antar sesama masyarakat Halsel. “Dalam kesempatan yang penuh berkah ini pula, saya meminta kepada saudara sekalian untuk tak lupa menyelipkan doa bagi daerah yang kita cintai ini agar senantiasa dalam perlindungan-nya dan diberikan keberkahan oleh Allah SWT”, pungkasnya. (Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *