PDIP Halmahera Selatan Buka Pendaftaran Bacaleg Pemilu 2024, La Jamra : Terbuka Untuk Umum

HEADLINE666 Dilihat
BACAN, Rakyat kini.com – Menindaklanjuti jadwal pendaftaran bakal calon anggota legislatif (Bacaleg) DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota, DPC Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Kabupaten Halmahera Selatan mulai membuka pendaftaran Bacaleg untuk DPRD Kabupaten Halmahera Selatan.
Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bapilu) DPC PDI-P Kabupaten Halmahera Selatan La Jamra Hi Zakaria kepada wartawan selasa (13/9) mengatakan, pendaftaran dijadwalkan berlangsung selama sepekan mulai 13 September (red, hari ini) hingga 19 September. “Bagi siapa saja yang berkeinginan maju sebagai anggota legislatif di tahun 2024 melalui PDI Perjuangan, silahkan mendaftarkan diri. Bisa langsung ke Sekretariat DPC PDI – P Kabupaten Halmahera Selatan,” ujar La Jamra.
Menurutnya, pendaftaran bacaleg ini bersifat terbuka, di mana persyaratan bakal calon mengacu pada peraturan partai dan peraturan perundangan-undangan yang berlaku di Indonesia yakni UU Pemilu Nomor 7 Tahun 2017. “Proses rekrutmen dan seleksi bakal caleg PDIP untuk Pemilu 2024 dilakukan secara bertahap dan pelaksanaannya sudah ditentukan sesuai jadwalnya,” terang La Jamra.
La Jamra lantas menjelaskan, tahapan pendaftaran daftar calon sementara yang dibuka PDIP Maluku Utara terdiri dari empat tahapan hingga menjadi DCT (Daftar Calon Tetap), yakni dimulai dari penjaringan, penyaringan, penetapan, dan pengesahan. “Tahapan tersebut telah sesuai dengan Peraturan PDIP Nomor 25.A Tahun 2018 tentang Rekrutmen dan Seleksi Calon Anggota DPR RI, DPD, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota Tahun 2024. Terutama dicPasal 22 ayat 1 (huruf a-o), dan Pasal 22 ayat 2 sampai dengan ayat 9,” paparnya.
La Jamra lantas menambahkan, rekrutmen pendaftaran bacaleg PDIP ini diharapkan mampu melahirkan caleg yang potensial serta dapat bersaing untuk memenangkan Pemilu 2024. dari proses penjaringan calon anggota legislatif ini, tentunya DPC PDI-P Halmahera Selatan sudah mempunyai target. “Kita juga diinstruksikan dari DPP untuk memenangkan Pileg 2024. Dan ditahun 2024 ini PDI-P Halmahera Selatan optimis raih kursi di setiap dapil,” pungkasnya. (Red).
Berikut jadwal rekrutmen dan seleksi calon anggota legislatif PDIP:
Pendaftaran Bakal Calon Daftar Calon Sementara mulai tanggal 13 s/d 19 September 2022
Pengembalian Dokumen Administrasi Bakal Daftar Calon Sementara tanggal 20 s/d 24 September 2022
Pengumuman Hasil Verifikasi dan Validasi Dokumen Administrasi Daftar Bakal Calon Sementara tanggal 25 s/d 29 September 2022
Perbaikan Dokumen Administrasi Daftar Bakal Calon Sementara tanggal 30 September s/d 4 Oktober 2022
Pemetaan Daftar Bakal Calon Sementara (Jadwal Belum Ditetapkan)
Penyaringan Daftar Bakal Calon Sementara tanggal 5 s/d 6 Oktober 2022
Daftar Pleno Penetapan Daftar Bakal Calon Sementara tanggal 7 Oktober 2022
Penyerahan Hasil Penjaringan dan Penyaringan Bakal Daftar Calon Sementara tanggal 8 s/d 12 Oktober 2022.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *