Pencanangan HKN ke 59 di Halsel, Wabup Bassam : Bersama Mendorong Masyarakat Hidup Sehat

HEADLINE781 Dilihat

HALSEL, RAKYATKINI.COM – Untuk memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 59 tahun, dinas Kesehatan Kabupaten Halmahera Selatan pada jumat (3/11) resmi melakukan pencanangan dengan melakukan sejumlah kegiatan kesehatan yang dipusatkan di UMKM Melenial.

Dalam Kesempatan ini, wakil Bupati Halmahera Selatan Hasan Ali Bassam Kasuba nampak membuka kegiatan HKN tahun 2023, nampak juga dihadiri oleh sekretaris daerah Halmahera Selatan Safiun Radjulan dan para pimpinan SKPD, sebelumnya dilakukan senam bersama, dilanjutkan dengan sunatan massal, pemeriksaan kesehatan gratis, donor darah dan dilanjutkan dengan pembagian door prize yang berhadiah utama berupa Kulkas dan sepeda serta ratusan hadiah tambahan lainnya.

Wakil Bupati, Hasan Ali Bassam Kasuba dalam sambutannya mengatakan, saat ini ada beberapa masalah besar yang harus diselesaikan oleh pemerintah Kabupaten Halmahera Selatan dari sektor kesehatan namun PR yang paling penting untuk menjadi atensi adalah masalah stunting dan Aids “untuk kedepannya wajib baik pemerintah dan semua stakeholder sama sama Mendorong kehidupan masyarakat kita lebih sehat lagi dengan mengatur pola makan dan sebagainya,” paparnya.

Sementara itu, kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Halmahera Selatan Asia Hasjim dalam sambutannya mengatakan, 12 November diperingati sebagai Hari Kesehatan Nasional, pada tahun ini merupakan peringatan yang ke-59. HKN tahun 2023 ini mengusung tema “Transformasi Kesehatan untuk Indonesia Maju”. Rangkaian peringatan HKN dimulai dengan Pencanangan HKN yang mulai berlangsung pada hari ini dan akan dilanjutkan dengan berbagai rangkaian kegiatan dan lomba-lomba yang melibatkan tenaga Kesehatan di 32 puskesmas, 3 rumah sakit, organisasi profesi dan Masyarakat umum.

“Kegiatan Pencanangan HKN ini bertujuan meningkatkan semangat dan kerja sama jajaran kesehatan, lintas sektor dan masyarakat dalam mewujudkan transformasi kesehatan untuk
Halmahera Selatan maju, Menggalakkan Upaya Gerakan Masyarakat hidup sehat (GERMAS) di
kalangan masyarakat, Meningkatkan derajat kesehatan masyarakat dengan pelayanan kesehatan yang merata dan berkesinambungan,” paparnya.

Pencanangan Hari Kesehatan Nasional ke-59 tanggal 03 November 2023 ditandai dengan melepaskan balon gas ke udara oleh wakil Bupati dan sekda Halsel didampingi oleh para kepala OPD, Sunatan massal tanggal 03 November 2023, Donor darah tanggal 03 November 2023, Senam germas bersama tanggal 03 November 2023, Doorprize tanggal 03 November 2023, Lomba penyuluhan kader “1000 hari pertama kehidupan” tanggal 07 – 08
November 2023, Lomba senam kreasi tanggal 09 – 11 November 2023, Lomba hiburan tanggal 09 – 11 November 2023, Upacara Hari Kesehatan Nasional tanggal 13 November 2023. (red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *